Pemulangan jamaah haji Aceh berakhir

Pemulangan jamaah haji Aceh berakhir

Jamaah haji Aceh Kloter 12 saat tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Ahad (15/9/2019) (ANTARA/HO)

Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 359 jamaah haji Debarkasi Aceh dalam kelompok terbang (kloter) 12 tiba di daerah berjulukan serambi Mekkah ini, sehingga pemulangan jamaah haji Aceh 2019 dinyatakan telah selesai.

"Alhamdulillah seluruh prosesi pemulangan jamaah haji Aceh sudah selesai. Kita laksanakan dengan baik," kata Kepala Kantor Wilayah Kemang Aceh, Daud Pakeh, di Banda Aceh, Ahad.

Dia menjelaskan jamaah kloter terakhir yang tiba tersebut berasal 18 kabupaten/kota yang ada di Aceh, mereka mendarat melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, pukul 04.54 WIB.

"Kloter ini jamaah yang berangkat sebelumnya berjumlah 367 orang. Tetapi yang pulang hanya 359 orang karena ada empat orang jamaah meninggal dunia dan empat orang sudah pulang lebih dulu bersama kloter lain," katanya.

Baca juga: 388 haji debarkasi Aceh tersisa satu kloter di Arab Saudi

Baca juga: 388 jamaah kloter 10 tiba di Aceh


Saat tiba di Aceh, katanya, tidak ada jamaah haji kloter terakhir ini yang harus dirujuk ke rumah sakit, hanya saja ada tujuh jamaah harus diobservasi ke klinik asrama haji akibat kelelahan.

Selain itu, Daud mengatakan total jamaah haji Aceh yang kembali dengan selamat ke tanah air berjumlah 4.649 orang, dari sebelumnya yang berangkat 4.666 orang. Katanya, sebanyak 15 jamaah meninggal di Arab Saudi.

Dia juga berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Aceh 2019.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat aktif, kepada Pemerintah Aceh, semua instansi yang terkait dan semua pihak yang telah mengambil peran menyukseskan perjalanan haji Embarkasi Aceh," katanya.*

Baca juga: Satu lagi haji asal Aceh meninggal di Arab Saudi

Baca juga: Tiba di Aceh, empat orang haji dirujuk ke rumah sakit

Pewarta : Khalis Surry
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019