Makassar (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan petani Sulsel sudah semakin akrab dan lebih dimanja dengan hadirnya alat dan mesin pertanian (Alsintan) modern yang diprogramkan Menteri Pertanian Amran Sulaiman

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Sabtu, mengatakan penggunaan Alsintan oleh petani di daerah itu sejak kurang lebih dua tahun terakhir begitu tinggi karena manfaatnya yang memang dirasakan langsung para petani.

"Jadi jika kita berada diatas pesawat, kita banyak melihat sawah-sawah petani menggunakan Alsintan.Artinya barangnya dipakai (dimaksimalkan)," ujarnya usai membuka kegiatan pameran foto Menteri Pertanian di salah satu mal di Makassar hari ini.

Ia menjelaskan, sejak Kementerian Pertanian (Kementan) memperkenalkan kepada para petani, hasil pertanian semakin meningkat.Para petani juga semakin dimanja karena alatnya yang lebih lengkap seperti halnya kultivator atau alat pengaduk dan penghancur gumpalan tanah serta mesin penggiling gabah.

"Terobosan pak Mentan mengkonversi dari konvensional menjadi teknologi pertanian memang sangat sukses," ujarnya.

Ia menjelaskan, jika petani sebelumnya kesulitan saat padinya dalam kondisi terendam air, maka dengan hadirnya berbagai peralatan pertanian moderen akan membuat masalah itu bisa diselesaikan.

"Jadi jika biasanya padi petani terendam air maka sulit untuk mengambil.Namun sekarang sudah bisa diatasi dan hanya butuh satu atau dua hari," ujarnya.***1***

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019