Jakarta (ANTARA) - Visinema Pictures berkolaborasi dengan tim "Generasi 90an" dalam mengangkat kisah tiga grup musik populer di Tanah Air pada periode 1990-an dalam film "Generasi 90an: Melankolia".

"Kami bekerjasama dengan tiga superband Indonesia yang sampai hari ini belum ada lagi yang seperti mereka yaitu Dewa 19, Padi, dan Sheila on 7," kata Produser Eksekutif "Generasi 90an: Melankolia" Angga Dwimas Sasongko dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.

Angga mengatakan "Generasi 90an: Melankolia"  itu semula hanya akan mengangkat satu lagu dari periode 1990an dalam sebuah film. "Terus, saya ketemu Piyu. Dia bilang mau ikutan juga. Tapi, saya enggak bisa ketemu sama Dhani. Tapi, Dewa sangat terbuka dengan proyek itu," kata Angga.

Sementara, M. Irfan Ramli selaku sutradara menjelaskan karakter-karakter dalam film ini diambil dari judul lagu miliki band tersebut seperti Indah (Aghniny Haque) dari lagu Padi yang berjudul "Begitu Indah", Sephia (Taskya Namya) dari lagu "Sephia" milik Sheila on 7, dan Kirana (Jennifer Coppen) dari lagu "Kirana" milik Dewa 19.

Baca juga: Benda ikonis 1990-an akan difilmkan dalam "Generasi 90an: Melankolia"

"Angga pernah bilang gimana kalau kita bikin film dari tiga superband itu? Dan kesampaian lah. Jadi, kami coba mendalami karakternya dari lagu-lagu yang ada dari tiga band itu," ujar Irfan.

Meski film tersebut bernuansa periode 1990an, Irfan menyatakan bahwa "Generasi 90an: Melankolia" tidak secara spesifik mengambil latar belakang tahun tersebut. Menurutnya, film itu hanya berusaha menampilkan benda-benda yang populer pada periode 1990an saja.

"Untuk waktu penceritaan sendiri, tidak kami jelaskan persis. Kami cuma menghidupkan benda-bendanya. Kami coba create waktu yang ceritanya bisa 90an dan cerita pada tahun-tahun itu. Tapi, kami enggak sebutin tahunnya. Ada benda-benda, ada trennya, ada fashion-nya," ujar pria yang juga penulis skenario film "Love for Sale" itu.

"Generasi 90an: Melankolia" juga dibintangi oleh Ari Irham, Gunawan, Amara Lingua dan Frans Mohede". Film tersebut akan mulai proses syuting pada Oktober 2019.

Baca juga: Nostalgia 90an di Tamasya Mesin Waktu

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019