Tangerang (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan jaringan telekomunikasi Palapa Ring sudah dapat beroperasi di seluruh wilayah Indonesia.

"Kalau peresmian, itu hanya momentum, yang penting sudah bisa dipakai," kata Rudiantara, di Tangerang, Banten, Jumat, saat menjawab pertanyaan tentang peresmian Palapa Ring.

Kominfo, lanjut Rudiantara, sudah menguji coba Palapa Ring pada akhir Agustus melalui uji coba panggilan video dari Nunukan, Kalimantan Utara ke Asmat, Papua.

Pemerintah menyelesaikan pembangunan infrastruktur Palapa Ring Timur sejak pertengahan Agustus lalu dan memastikan kesiapan operasional Palapa Ring Timur hingga pekan ketiga September.

Baca juga: Rudiantara: Palapa Ring Timur selesai

Sebelumnya, Rudiantara menyatakan kementeriannya akan melakukan stabilisasi dan integrasi jaringan Palapa Ring Tengah dan Palapa Ring Barat pada Agustus.

Pemerintah membagi infrastruktur Palapa Ring di Indonesia menjadi paket Barat, Tengah, dan Timur berdasarkan letak geografis. Palapa Ring Barat, yang sudah selesai sejak Maret 2018, menjangkau Riau, Kepulauan Riau hingga Pulau Natuna sepanjang 1.730 kilometer di laut dan 545 kilometer di darat.

Palapa Ring Tengah meliputi Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara. Sedangkan Palapa Ring Timur menjangkau wilayah Nusa Tenggara, Maluku, Papua Barat dan pedalaman Papua.

Baca juga: Menkominfo sebut akan ada Palapa Ring khusus Kalimantan

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019