Menristekdikti usulkan diselenggarakannya liga mahasiswa

Menristekdikti usulkan diselenggarakannya liga mahasiswa

Konferensi pers pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI di Jakarta, Jumat. (Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengusulkan diselenggarakannya liga mahasiswa untuk mencari calon talenta muda berbakat dibidang mahasiswa.

"Kalau di luar negeri, ada liga untuk tingkat perguruan tinggi seperti liga basket. Cuma kalau di Indonesia belum ada," ujar Menristekdikti di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan pihaknya ingin mengadakan liga sepak bola untuk tingkat perguruan tinggi. Meski demikian, ia menyatakan akan menyampaikan hal tersebut pada Presiden Jokowi.

Baca juga: Menristekdikti: Hampir semua ibu ingin punya anak seperti Habibie

Menurut dia, dengan adanya liga mahasiswa itu bisa meningkatkan nilai tambah dan mengangkat reputasi kampus karena prestasi olah raga. Dengan adanya liga mahasiswa itu, diharapkan bisa memunculkan atlet-atlet baru yang akan mengharumkan nama bangsa.

Selain itu, Nasir juga meminta agar rektor perguruan tinggi memberikan dispensasi terutama pada mahasiswa yang juga menjadi atlet. Mahasiswa menjadi atlet mengalami kendala bisa hadir di perkuliahan.

Baca juga: "E-sport" dipertandingkan di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional XVI

"Saya sudah minta rektor, kalau dia atlet nasional maka harus diberikan dispensasi," tambahnya.

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI diselenggarakan 19 hingga 26 September 2019 dengan mengusung tema "Semangat, Sportif dan Berprestasi".

Hal itu sesuai dengan tujuan POMNAS XVI yaitu untuk memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan dan persahabatan antarmahasiswa se-Tanah Air, serta membantu pemerintah dalam peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga Indonesia nasional dan internasional, serta menanamkan pendidikan karakter pada mahasiswa melalui olahraga.

Baca juga: UNJ tuan rumah Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional XVI
Pewarta : Indriani
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019