Warga Parepare padati pasar belanja peralatan dapur di 10 Muharram

Warga Parepare padati pasar belanja peralatan dapur di 10 Muharram

Sejumlah warga memadati Pasar Sentral Lakessi Kota Parepare untum belanja alat dapur pada peringatan 10 Muharram di Kota Parepare, Selasa (10/9/2019). ANTARA Foto/HO-Zul Kifli

Parepare (ANTARA) - 10 Muharram 1441 Hijriah diyakini sebagai hari istimewa oleh sejumlah warga Kota Parepare Sulawesi Selatan yang memadati Pasar Sentral Lakessi, Selasa untuk belanja berbagai peralatan dapur dengan harapan menuai keberkahan.

Pantauan Antara, pasar itu didominasi oleh kaum perempuan dan ibu-ibu yang terlihat membeli peralatan masak sehari-hari dalam rangka 10 Muharram yang juga disebut Hari Asyura dan telah menjadi tradisi bagi warga setempat.

Baca juga: Sedekah hari Asyura hindarkan dari bencana

Baca juga: Kaum muslim Kalsel bergotong royong buat Bubur Asyura


"Ini memperingati 10 Muharram jadi masyarakat melaksanakan tradisi "Massaro Lebbi" artinya, hari berbelanja paling bagus setiap sekali setahun," kata salah satu pedagang Pasar Sentral Lakessi Kota Parepare, Imran.

Berbeda dari hari-hari biasanya, untuk 10 Muharram yang jatuh pada hari ini, 10 September 2019, pasar terbesar di Kota kelahiran mantan Presiden BJ Habibie itu terlihat ramai.

Pasar Sentral Lakessi, yang bisanya terlihat sunyi, kini pasar terbesar yang berada di tengah Kota Parepare ini terlihat lebih ramai dari biasanya, terutama di lapak-lapak penjual peralatan dapur.

"Kita beli alat dapur ini kan memperingati 10 Muharram selain sebagai tradisi setiap tahun, semoga yang kita beli ini membawa rejeki dan berkah," ungkap salah satu warga, Tatti

Masyarakat Kota Parepare juga mempercayai dengan berbelanja di 10 Muharram akan membawa berkah dan rejeki.

Baca juga: Sambut 10 Muharram, pedagang mulai ramai jual peralatan dapur
Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019