Jaga terus kerukunan supaya bangsa bisa maju dan dihormati bangsa-bangsa lain di dunia
Tangerang (ANTARA) - Sebanyak sembilan tokoh nasional yang terdiri dari Menteri, Gubernur, Wali Kota, Bupati, hingga perintis gerakan TK/TP Al Al-Quran meraih penghargaan BKPRMI Award yang menjadi salah satu rangkaian acara dalam Festival Al-Azhom Ke-8 Tahun 2019.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah yang menjadi tuan rumah penyerahan BKPRMI Award 2019  di Tangerang, Minggu mengatakan penghargaaan BKPRMI Award menjadi bentuk apresiasi kepada tokoh nasional dan daerah yang memiliki kepedulian, perhatian, komitmen dan kontribusi dalam membina kader-kader pemuda remaja masjid.

Sembilan tokoh  yang diberi penghargaan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia  (BKPRMI) itu di antaranya Menteri PAN-RB sekaligus Waketum Dewan Masjid Indonesia Syafruddin, Presiden Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Tan Sri H. M. Ali Rustam, Gubernur Sumatera Selatan  Herman Deru.

Kemudian Wali Kota Tangerang  Arief R. Wismansyah, Bupati Deli Serdang  Ashari Tambunan, Bupati Bintan   Arif Sujadi, Perintis Gerakan TK/TP Al-Qur'an BKPRMI  Chairani Idris, Pendiri BKPMI/BKPRMI   Bambang Pranggono, Ketua Umum PB Mabmi Datuk Seri H Syamsul Arifin.

Kota Tangerang, ujar dia, terpilih karena dianggap mendukung kegiatan remaja masjid. Kota Tangerang terus memberikan ruang bagi remaja-remaja untuk ikut terlibat dalam kegiatan positif lewat BKPRMI.


Baca juga: BKPRMI: Pemuda masjid harus jadi perekat bangsa


"Contohnya  saya minta anak putus sekolah agar bisa dibina oleh BKPRMI, untuk ikut berorganisasi sehingga mereka aktif dalam kehidupan kemasyarakatan," ujar Arief.

Wali Kota berharap BKPRMI dapat terus menjadi wadah agar pemuda di Indonesia   menjadi penggerak kemaslahatan umat dan menjadikan masjid sebagai tempat peradaban umat.

"Khususnya untuk seluruh pemuda Kota Tangerang saya ingin mereka terus aktif dan berkontribusi untuk pembangunan di Kota Tangerang," harapnya.

Sementara itu, Menteri PAN-RB yang sekaligus menjabat sebagai Waketum Dewan Masjid Indonesia  Syafruddin menyampaikan apresiasi  kepada Kota Tangerang yang telah menjadi tuan rumah BKPRMI Award 2019 dan MTQ Antara Bangsa.

Ia menyatakan gembira   perkembangan dunia islam yang ada di Kota Tangerang sangat baik sehingga harus dijaga.

"Kita jaga terus ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah insaniyah sesama umat islam dan sesama umat beragama lainnya. Jaga terus kerukunan supaya bangsa kita bisa maju, disegani dan dihormati bangsa-bangsa lain di dunia," imbuhnya.

Apalagi menurut Syafruddin, pada 2030 mendatang, Indonesia akan mendapat bonus demokrasi dimana 62 persen masyarakatnya akan terdiri dari pemuda, sehingga diperlukan peran pemuda dalam segala sektor pembangunan.

"Peran pemuda harus dan sangat menonjol, sebab jadi andalan dalam perjalanan bangsa Indonesia di masa depan," ujarnya.


 Baca juga: BKPRMI-Pemkot sinergi kembalikan fungsi masjid
 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019