Setiap ada kesempatan kegiatan atau acara dimana pun, saya memakai batik khas Batang
Batang (ANTARA) - Bupati Batang Wihaji pada acara peresmian gedung Indonesia 2 Pondok Pesantren Moderen Tazaka Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengenalkan produk batik Rifaiyah pada Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jumat (6/9/2019).

"Saya memakai baju koko dan sarung batik Rifaiyah merupakan bagian dari upaya promosikan batik khas Batang (batik Rifaiyah) kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla," katanya di Batang, Jumat.

Pada kesempatan itu, Bupati Batang Wihaji yang ikut dalam rombongan Wapres Jusuf Kalla berpakaian baju koko yang dibalut dengan sarung batik. Rifaiyah tidak menyianyiakan kesempatan itu untuk mempromosikan produk batik Rifaiyah.

Ia mengatakan kehadiran sejumlah tokoh nasional ke Kabupaten Batang ini akan menguntungkan pemkab karena bisa mempromosikan produk batik Rifaiyah pada mereka secara gratis.

"Setiap ada kesempatan kegiatan atau acara dimana pun, saya memakai batik khas Batang. Oleh karena, pada kesempatan ini saya promosikan produk batik Rifaiyah ini pada Wapres," katanya.

Ia mengatakan produk kerajinan batik Rifaiyah tersebut diambil dari nama pahlawan kemerdekaan sekaligus sebagai ulama Kabupaten Batang Kiai Haji Rifaiyah.

Uniknya, katanya, pada proses pembuatan batik Rifaiyah ini, para perajin akan mengalunkan syair-syair bernuansa Islam sambil membatik.

"Pada syair-syair itu, berisi ajaran keagamaan yang mengajak manusia untuk berbuat kebajikan terhadap sesamanya maupun mahluk lainnya," katanya.

Baca juga: JK: Perkembangan Islam di Indonesia cenderung moderat
Baca juga: Wapres sebut tidak ada ulama yang selengkap Prof Hamka

 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019