Suksma Bali selenggarakan kegiatan "World Cleanup Day"

Suksma Bali selenggarakan kegiatan

Komponen "Suksma Bali" selenggarakan kegiatan "World Clean up Day". (ANTARA/Komang Suparta/2019)

Denpasar (ANTARA) - Komponen masyarakat yang tergabung dalam Suksma Bali akan kembali menyelenggarakan kegiatan World Cleanup Day di seluruh Pulau Dewata pada 21 September 2019.
 
"Seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan non-pariwisata mendukung penuh kegiatan tersebut," kata Yoga Iswara di Kuta, Bali, Sabtu.

Ia mengatakan di antara tiga kegiatan utama tahun ini adalah berpartisipasi dalam kegiatan World Cleanup Day sebagai wujud berterima kasih kepada alam (suksma palemahan).

"Kegiatan ini akan bekerja sama dengan seluruh industri pariwisata, instansi pendidikan, LSM dan lainnya. Masyarakat akan bersama-sama melakukan upaya bersih-bersih di sembilan kabupaten dan kota se-Bali," ujarnya.

Baca juga: KKP ajak pelajar pungut sampah pantai di Bali

Yoga Iswara lebih lanjut mengatakan kegiatan kedua adalah simposium yang mengambil tema "Menjaga dan Menyelamatkan Keberlangsungan Air Bali". Dan kegiatan ketiga di penghujung tahun 2019 adalah kegiatan sosial malam penggalian dana (social charity dinner).

"Dalam kegiatan malam amal tersebut juga akan diberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang memberi kontribusi besar terhadap Pulau Bali," ucapnya.

Ia mengatakan gerakan terima kasih kepada Bali sudah dirancang menjadi acara tahunan, dan diharapkan ke depan bisa menjadi tradisi tambahan bagi masyarakat, khususnya di kalangan industri pariwisata maupun non-pariwisata.

"Kegiatan tahun lalu sudah berjalan baik dan semua masyarakat mendukung acara tersebut. Kegiatan Suksma Bali ini juga mendukung visi program Pemprov Bali, yakni 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali (menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya)," katanya.

Baca juga: Ribuan warga muslim Bali bersih-bersih pantai

Gubernur Wayan Koster melalui Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Bali Putu Astawa mengatakan Pemerintah Provinsi Bali mendukung kegiatan tersebut.

Ia mengharapkan kegiatan ini agar menjadi ajang tahunan Bali menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pulau Bali tercinta ini.

"Pemerintah Provinsi Bali akan bekerja sama untuk memadukan program-program pemerintah tahun 2019 dan 2020 melalui kegiatan Suksma Bali," ucap Putu Astawa.

Baca juga: Pengamat lingkungan UI apresiasi World Cleanup Day
 
Pewarta : I Komang Suparta
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019