Penjualan tiket di stasiun tetap masih ada, namun loket dibuka hanya tiga jam sebelum keberangkatan atau go show
Padang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero mulai 1 September 2019 memberlakukan pembelian dan pemesanan tiket kereta api lokal di Sumatera Barat (KAI) melalui aplikasi KAI Access.

"Ini salah satu cara untuk memudahkan para pengguna kereta api atau penumpang mendapat tiket. Tiket bisa dipesan tujuh hari sebelum keberangkatan," kata Kepala PT KAI Divisi Regional (Divre) II Sumbar, Insan Kesuma di Padang, Jumat

Ia menambahkan penjualan tiket kereta api secara offline masih bisa dilakukan di Stasiun Padang. Namun, tiket dibeli tiga jam sebelum keberangkatan, dan itu pun jika ada ketersedian tempat duduk.

"Penjualan tiket di stasiun tetap masih ada, namun loket dibuka hanya tiga jam sebelum keberangkatan atau go show," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam hal penggunaan aplikasi untuk kereta api Sibinuang, Lembah Anai dan Minangkabau Ekspress tersebut, pihaknya mengklaim sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sejak 1 Maret 2019.

"Jika ada penumpang yang masih kesulitan, nanti akan ada petunjuk yang sudah ditempelkan di stasiun maupun di gerbong," katanya yang juga menjamin tidak akan terjadi kesalahan sistem dan menyediakan petugas layanan 24 jam.

Ia mengatakan, KAI Access merupakan program nasional untuk terus memudahkan dan memanjakan dengan pemanfaatan teknologi sehingga penumpang dapat memesan tiket di mana saja dan kapan saja.

"Tidak ada perbedaan harga, sama saja. tapi untuk pembelian tiket bagi rombongan dibatasi dalam aplikasi tersebut," katanya.

Insan mengungkapkan, pada jam sibuk pihaknya cukup kewalahan dalam melayani penumpang dan batas maksimal terlampau serta pihaknya harus menambah rangkaian berikutnya.

Untuk melakukan pemesanan, pengguna perlu terlebih dahulu mengunduh aplikasi KAI Access yang sudah tersedia di Google Play ataupun Playstore melalui ponsel.

Baca juga: Tiket KA Kalijaga dan Kedung Sapur hanya dilayani KAI Access

Baca juga: Reservasi enam KA lokal Yogyakarta hanya dilayani melalui KAI Access

Baca juga: Kini tiket KA lokal bisa dibeli melakui KAI Access


 

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019