Pemkot Palembang tebar 10 ribu benih ikan ke Sungai Musi

Pemkot Palembang tebar 10 ribu benih ikan ke Sungai Musi

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda saat menebar ikan bersama siswa SMP setempat di Sungai Musi, Rabu (21/8) (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang menebarkan 10 ribu benih ikan ke Sungai Musi bersama siswa SMPN 1 dan 13 setempat guna menjaga ekosistem yang masih terancam eksploitasi.

"Kami ingin memberikan pelajaran kepada anak-anak bahwa melestarikan ikan di Sungai Musi adalah kewajiban bersama, mereka sebagai generasi penerus punya tugas itu," kata Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda saat menebar ikan di Sungai Musi, Rabu.

Ribuan benih ikan yang disebar merupakan jenis patin yang angka konsumsinya di Kota Palembang cukup tinggi dan menjadi jenis ikan paling banyak tekanan eksploitasi.

Baca juga: BKIPM lepas 1,2 juta ekor benih ikan di Waduk Sermo Kulon Progo

Penyebaran juga dimaksudkan untuk mengakomodasi ketergantungan masyarakat sepanjang aliran Sungai Musi yang masih menjadikan ikan sebagai lauk utama sehari-hari.

Pihaknya juga mengimbau para nelayan agar menggunakan alat tangkap ramah lingkungan, jangan sampai benih yang sudah ditebar ini mati karena aktivitas tangkapan.

"Jangan lagi ada yang pakai setrum, nanti seluruh nelayan kami kumpulkan agar diberi pemahaman cara tangkap yang baik," tambah Fitri.

Sementara Sekretaris Dinas Perikanan Kota Palembang, Aris Munandar mengatakan bahwa pihaknya akan menambah sebaran benih ikan di Sungai Musi.

"Kemarin kami diminta Kementerian untuk menebar benih ikan jenis Belido dan Gabus, tetapi kami masih menunggu jadwal pasti untuk menebar benih ikan itu, nanti akan kita atur jadwal pelaksanaannya," tambah Aris.

Baca juga: Kementerian Kelautan sebar 15.000 benih kakap putih di Probolinggo

Baca juga: Bupati Bangka tebar 500 ekor benih ikan nila
Pewarta : Aziz Munajar
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019