Gorontalo (ANTARA) - Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar upacara Hari Ulang Ulang (HUT) ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia di objek wisata bersejarah Benteng Otanaha, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Hambra Samal di Gorontalo, Sabtu, mengaku bangga karena upacara tersebut dilakukan di Benteng Otanaha.

"Kami memilih Benteng Otanaha sebagai tempat pelaksanaan upacara karena ini sangat berkaitan dengan faktor sejarah," jelasnya.

Hal ini juga memiliki tujuan agar jasa dari para pahlawan dapat dimaknai dengan baik saat melaksanakan upacara di bekas tempat perlindungan mereka dulu untuk meraih kemerdakaan.

"Bersyukur upacara kali ini berlangsung sangat hikmat, baik teman-teman pelaksana upacara, kemudian pendukung, hingga peserta upacara juga dapat menjalankan tugasnya dengan sangat baik," ujarnya.

Pelaksanaaan upacara HUT Proklamasi RI merupakan salah satu rangkaian program tahunan bagi Badan Usaha Milik Negara) yaitu BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) yang saat ini sudah memasuki tahun ke lima.

"Kita memang membuat upacara ini menjadi unik atau berbeda dari biasanya, yaitu dilaksanakan di daerah yang jauh dari pusat kota agar masyarakat yang ada di sekitar lokasi juga bisa melihat dan merasakan seperti apa program BHUN salah satunya melalui upacara tersebut," ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa pada hari yang sama upacara HUT Proklamasi RI juga dilaksanakan oleh BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia pada 34 Provinsi.
Baca juga: BHUN akan gelar upacara kemerdekaan di Benteng Otanaha
Baca juga: Benteng Otanaha Peninggalan Portugis akan Direnovasi
Baca juga: Benteng Otanaha jadi tujuan libur Lebaran

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019