Tim gabungan akan segera mengumumkan hasil investigasi awal terkait insiden pemadaman listrik.
Jakarta (ANTARA) - Badan Reserse Kriminal Polri mengusut kemungkinan terjadi kejahatan siber saat terjadi mati listrik di Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten pada 4 Agustus 2019.

"Mungkin blackout tanggal 4 Agustus kemarin saya bilang sama beliau (Direktur Tindak Pidana Siber) dan jajaran tolong dilidik apakah ini hanya blackout biasa di Jakarta atau ada hubungannya dengan kejahatan siber," ujar Kabareskrim Polri Komjen Pol Idham Azis di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan kejahatan siber saat pemadaman listrik telah terjadi di kota-kota besar negara lain, di antaranya di Caracas, New York dan London sehingga mungkin juga terjadi di Tanah Air.

Tantangan dan tugas Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri ke depan disebutnya lebih besar karena kejahatan seperti terorisme, penipuan dan narkoba banyak dilakukan di ranah siber.

"Yang nyata saja tujuh kontainer surat suara, yang nyata saja KPU diretas, tetapi setelah anak-anak siber turun, semua adalah hoaks," ujar dia.

Baca juga: Tim investigasi mintai keterangan 20 saksi soal padam listrik

Baca juga: Soal listrik padam, praktisi minta PLN inspeksi lebih detail lagi

Baca juga: Tim umumkan hasil investigasi sementara soal padam listrik pekan depan


Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan tim gabungan akan segera mengumumkan hasil investigasi awal terkait insiden pemadaman listrik.

Kemudian hasil investigasi secara keseluruhan baru akan diumumkan di pekan berikutnya, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pembangkit listrik di Ungaran, Jawa Barat, Banten, dan Jakarta.

Dedi Prasetyo menyebut, tim yang dibentuk Polri itu diberi waktu dua pekan untuk mengungkap penyebab insiden padam listrik.

Tim gabungan yang dilibatkan dalam investigasi itu tidak hanya penyidik Bareskrim Polri, melainkan juga melibatkan sejumlah ahli dari kementerian, instansi terkait dan perguruan tinggi.

Sebelumnya, listrik di Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten padam pada Minggu (4/8) sejak pukul 11.48 WIB hingga malam hari.

Setelah sempat normal kembali pada Minggu malam, listrik kembali mengalami pemadaman pada Senin (5/8) di sejumlah wilayah di Jabodetabek.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019