Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengusulkan agar pengadaan kendaraan dinas tahun depan bisa dialokasikan untuk kendaraan-kendaraan berteknologi listrik buatan anak bangsa.

“Saya ke pikir untuk lapor Presiden, ‘Nanti APBN tahun depan pembelian sepeda motor, mobil, kita wajibkan saja motor listrik buatan Indonesia, Gesits misalnya, atau apalah,” katanya saat menjadi pembicara kunci dalam Indonesianisme Summit 2019 di Jakarta, Selasa.

Menurut Luhut, hal itu dilakukan sebagai dukungan pemerintah terhadap pengembangan teknologi yang dilakukan anak bangsa.

“Kalau tidak kita pupuk keberpihakan itu, teknologi kita tidak akan maju,” katanya.

Indonesianisme Summit 2019 merupakan rangkaian kegiatan yang digelar Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) yang digelar bersamaan dengan Pameran Karya 30 Teknopreneur Indonesia.

Mantan Menko Polhukam itu mengaku bangga saat berkeliling melihat deretan karya anak bangsa dalam pameran tersebut.

Ia bahkan mengaku ingin agar produk-produk yang dipamerkan bisa ditampilkan dalam sosialisasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

“Ini kita minta, atau mungkin kita ‘wajibkan’ BUMN-BUMN itu bisa memakai teknologi tersebut. Kita akan coba dorong karya anak bangsa ini. Kalau tidak mulai begitu, kapan lagi?” ujarnya.

 

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019