..investor asing saat datang ke Indonesia jangan hanya memikirkan impas atau return of investment-nya saja, tapi juga perlu memikirkan bagaimana dampak-dampak terhadap lingkungan, kehidupan sosial dan bermasyarakat..
Jakarta (ANTARA) - Pakar ekonomi Hisar Sirait berharap kedatangan putra sulung Presiden Amerika Serikat Donald Trump yakni Donald Trump Jr membawa investasi properti dan resort wisata ke Indonesia tidak hanya berfokus pada impas atau balik modal, namun mempertimbangkan juga dampak terhadap kehidupan sosial masyarakat setempat.

"Kalau boleh investor asing saat datang ke Indonesia jangan hanya memikirkan impas atau return of investment-nya saja, tapi juga perlu memikirkan bagaimana dampak-dampak terhadap lingkungan, kehidupan sosial dan bermasyarakat di wilayah setempat. Jadi dia tidak hanya memikirkan orientasi keuntungan ekonomi atau profit economy oriented semata ," ujar Rektor Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie tersebut kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Hisar Sirait juga menjelaskan jangan sampai investor asing seperti Donald Trump Jr investor datang ke Indonesia dengan menciptakan pusat-pusat kunjungan atau wisata yang sifatnya eksklusif.

Pusat kunjungan atau wisata yang sifatnya eksklusif hanya akan membuat masyarakat setempat menjadi terpisahkan dengan destinasi wisata tersebut.

Dengan demikian jangan sampai masyarakat setempat menjadi terpisahkan, kalau bisa kehidupan, budaya dan kebiasaan masyarakat harus menjadi bagian memperkaya untuk menciptakan keunggulan daerah wisata.

Sebelumnya, Putra Presiden Amerika Serikat Donald Trump yakni Donald Trump Jr menanamkan investasi properti di dua daerah Indonesia tepatnya di Lido, Sukabumi, Jawa Barat dan Bali.

Trump Residences merupakan resor dan hunian ultra mewah yang terintegrasi pertama di Indonesia. Proyek unggulan ini dihadirkan di dua lokasi yakni Lido, Sukabumi dan Bali, tepat bersebelahan dengan Pura Tanah Lot.

Trump Organizations menggandeng perusahaan properti Indonesia, MNC Land dalam kedua proyek hunian dan resor jetset Trump Residences tersebut.

Donald Trump Jr. selaku Executive Vice President dari Trump Organization pada Selasa (13/8) pagi berkunjung ke Indonesia dalam rangka menghadiri acara pra peluncuran Trump Residences yang berlokasi di Lido dan Bali.

Baca juga: Putra Donald Trump investasi properti ultra mewah di Indonesia
Baca juga: Donald Trump Jr investasi di Indonesia, sinyal bisnis properti cerah

Pewarta: Aji Cakti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019