Jakarta (ANTARA) - Ekspatriat dan turis yang berdomisili di Kemang, Jakarta, Selatan, ingin ikut memeriahkan tradisi lomba 17 Agustus untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia.

"Sepertinya seru karena tahun lalu saya belum mencobanya," kata ekspatriat asal Inggris, Sara yang ditemui di salah satu toko swalayan di Kemang, Jakarta Selatan, Selasa.

Salah satu lomba yang ingin ia ikuti adalah lomba makan krupuk karena menurutnya cukup mudah tapi juga menghibur penonton.

Tahun lalu, wanita yang mengaku bekerja sebagai guru bahasa itu pernah menyaksikan lomba khas 17-an di Jakarta Pusat.

Senada dengan Sara, Michael, wisatawan asal Kanada mengaku juga terkesan dengan suasana di sejumlah titik di Jakarta yang bernuansa merah putih.

Ia baru mengetahui bahwa dekorasi serba merah putih itu untuk memperingati HUT ke-74 RI.

"Menyenangkan sekali melihat ada banyak bendera dengan warna yang seragam, bagus," katanya ketika berjalan-jalan di kawasan Taman Kemang, Jakarta Selatan.

Kawasan turis dan ekspatriat di Kemang, Jakarta Selatan mulai berhias dengan pernak pernik bernuansa Merah Putih menjelang , 17 Agustus.

Pantauan Antara di Kemang, Jakarta Selatan, nuansa Merah Putih mewarnai sejumlah titik di "kampung" turis itu di antaranya jalan raya, permukiman warga, pasar swalayan hingga hunian modern seperti apartemen.

Pemandangan khas tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi warga negara asing yang menetap dan dan turis asing di Jakarta.

Baca juga: Jelang 17 Agustus, pedagang musiman bendera ramaikan Jatinegara

Baca juga: 50 pelari rayakan HUT RI dengan lari Rengasdengklok-Jakarta

Baca juga: Warga Jakarta manfaatkan libur kemerdekaan wisata ke Ancol


Di toko swalayan Kemchicks di Jalan Kemang Raya misalnya di toko modern itu sudah dihiasi umbul-umbul dan bendera merah putih yang memanjang di gerbang masuk toko tersebut.

Di dalamnya, pengelola juga membuat stan dengan dekorasi merah putih yang menambah suasana HUT ke-74 RI.

Kawasan Jalan Taman Kemang juga berhias umbul-umbul merah putih di kiri dan kanan jalan.

Sedangkan di kawasan apartemen Kemang Village juga turut memasang bendera merah putih di pintu gerbang hunian tersebut, walau jumlahnya tidak begitu banyak.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019