Banjarmasin (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin akhirnya menetapkan sebanyak 45 orang anggota DPRD periode 2019-2024 hasil pemilihan umum pada 17 April 2019.

Penetapan tersebut digelar KPU dalam rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kota Banjarmasin dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Banjarmasin, Selasa.

Untuk kursi terbanyak perolehan partai politik pada Pemilu 2019 di Kota Banjarmasin diraih Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 9 kursi, disusul Partai Golkar dan Gerindra sebanyak 6 kursi serta PDIP sebanyak 5 kursi.

Partai yang juga meraih sebanyak 5 kursi adalah Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sementara itu, PPP hanya meraih dua kursi, PBB satu kursi, NasDem satu kursi.

Baca juga: PDIP meraih kursi terbanyak di DPRD Flores Timur

Menurut Ketua KPU Kota Banjarmasin Gusti Makmur, agenda ini baru dilakukan karena ada sengketa di Partai Demokrat, yakni, antarcaleg partai tersebut di Daerah Pemilihan Banjarmasin Barat yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tapi sudah ditetapkan, bahwa gugatan mereka ditolak MK," katanya.

Dengan demikian, lanjutnya, maka KPU sudah bisa menetapkan anggota DPRD Kota Banjarmasin terpilih 2019-2024, kata Gusti Makmur.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan Sarmuji yang hadir dalam rapat pleno tersebut mengungkapkan, bahwa KPU Banjarmasin yang terakhir menetapkan perolehan kursi dan calon anggota DPRD terpilih pada Pemilu 2019 dari 13 kabupaten/kota di provinsi ini.

Baca juga: Daftar nama calon terpilih anggota DPRD Palu

"KPU kabupaten/kota yang lain sudah, bahkan sudah ada yang dilantik, Banjarmasin yang terakhir ini," ujarnya.

Menurutnya, penetapan anggota DPRD terpilih baik tingkat kabupaten/kota dan provinsi tidak menuai masalah yang berarti, hingga bisa dikatakan berjalan sangat lancar.

"Jadi tinggal pelantikannya saja lagi bagi daerah yang belum, sebab beberapa daerah sudah lebih dulu, seperti di Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin H Hermansyah menyatakan apresiasinya terhadap lancarnya penetapan kursi dan anggota DPRD terpilih di kotanya tersebut.

Baca juga: KPU tetapkan 120 calon terpilih anggota DPRD Provinsi Jatim

Dia berharap, anggota DPRD yang baru nanti akan bisa bersinergi dengan pemerintah kota untuk menyukseskan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Saya hanya berpesan agar semua anggota legislatif yang baru ini nantinya mengedepankan kedisiplinan, khususnya saat membahas peraturan daerah dan pembahasan anggaran yang sangat penting bagi daerah," pungkasnya.

Adapun anggota DPRD Kota Banjarmasin terpilih untuk periode 2019-2024 yang diterapkan KPU adalah, Dapil Banjarmasin Tengah, M Faisal Hariyadi (PAN), Matnor Ali (Golkar), Wahid (PKS), Suyato (PDIP), Adi Junaidi (PD) dan H Gusti Yasni Iqbal (Gerindra).

Dapil Banjarmasin Utara adalah Hj Sarifah Sakinah dan Amelia Handayani (PAN), Sukrowardi (Golkar), M Isnaini dan Heri Kartono (Gerindra), Mustafa Zakir (PKS), Zainal Hakim (PKB), Taufik Husin (PKB), Bambang Yanto Permono (PD) dan HM Ismail Iberahim (PBB).

Dapil Banjarmasin Timur adalah Harry Wijaya (PAN), Noorlatifah (Golkar), Tugiatno (PDIP), Zainal A Husni (PKB), Abdul Haris (PD), Mudah (Gerindra) dan Yunan Chandra (NasDem).

Dapil Banjarmasin Barat adalah Mira Farialni dan Hj Rinda Herliani (PAN), Hj Ananda dan Darma Sri Handayani (Golkar), M Yamin (Gerindra), Mathari (PKS), Arufah Arif (PPP), Saut Natan Samosir (PDIP), H Dedy Sopian (PKB) dan Gusti Yuli Rahman (PD).

Baca juga: Gerindra peroleh kursi terbanyak di DPRD Banten

Dapil Banjarmasin Selatan adalah Afrizal Ayesinena, Abdul Muis dan Istiqomah (PAN), HA Rudiani (Golkar), Siti Rahimah (Gerindra), Aliansyah (PKS), Hilyah Aulia dan Rahman Nanang Riduan (PKB), Abdul Rasyid Ridha (PPP) dan M Nasir (PDIP) dan M Syafrullah (PD).

Pewarta: Sukarli
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019