Hewan kurban yang disembelih di Masjid Raya Sumbar hanya satu yang disumbangkan Presiden tersebut, sementara sapi kurban dari OPD Sumbar disembelih di halaman kantor gubernur.
Padang (ANTARA) - Sapi kurban dari Presiden Joko Widodo akan disembelih di Masjid Raya Sumbar, Minggu (11/8) dan dibagi menjadi 750 kantong untuk diserahkan pada masyarakat yang membutuhkan.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar, Alwis di Padang, Jumat (9/8) menyebutkan pembagiannya masing-masing 350 kantong untuk masyarakat sekitar masjid, 250 kantong membantu masjid atau mushalla yang kekurangan stok daging dan untuk petugas masjid.

Petugas masjid itu cukup banyak diantaranya bidang kebersihan, satpam, dan bidang lain.

Ia menambahkan, hewan kurban yang disembelih di Masjid Raya Sumbar hanya satu yang disumbangkan Presiden tersebut, sementara sapi kurban dari OPD Sumbar disembelih di halaman kantor gubernur.

"Nantinya akan dilakukan serah terima dari Pemprov kepada pengurus atau panitia kurban Masjid Raya, serah terima atas nama Presiden yang diwakili Pemprov Sumbar," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi sumbang dua ekor sapi kurban untuk DIY

Sapi kurban bantuan Presiden itu selalu ada tiap tahunnya. Untuk tahun ini Presiden membeli sapi kurban dari pemenang kontes Livestock Expo Peternakan Sumbar 2019 yang berasal dari Kecamatan Ampek Angkek, Agam dengan nama peternak Efendi Rasyid.

"Kita ingin sapi kurban dari Presiden untuk masyarakat Sumbar memang yang terbaik. Sapi itu jenis sapi simental dengan bobot 1.100 kg atau 1,1 ton," tuturnya.

Untuk saat ini, ungkap Alwis, sapi kurban Presiden itu masih berada di tempat peternak, nantinya H-1 jelang penyembelihan hewan di Masjid Raya Sumbar akan dibawa ke Padang.

"Nantinya sapi Presiden akan disembelih oleh penyembelih yang memang profesional dan bersertifikasi yang kita datangkan. Sebab, untuk menyembelih hewan kurban ini tidak bisa sembarangan orang yang menyembelihnya," katanya.

Sebelum penyembelihan hewan kurban akan dilakukan Shalat Idul Adha di halaman Kantor Gubernur, Minggu (11/8), namun jika cuaca mendung atau hujan akan dialihkan di Masjid Raya.

Baca juga: Presiden Jokowi sumbang satu ekor sapi kurban ke NTT
Baca juga: Presiden sumbang Sapi kurban "Ongole" untuk Masjid Alfatah Ambon


 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019