Jambi (ANTARA) - Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Jambi menargetkan menerima 2.000 mahasiswa baru pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 ini.

“Dari UT kita ditargetkan menerima mahasiswa baru sebanyak 2.000 mahasiswa, dan UPBJJ-UT Jambi telah membuka pendaftaran mahasiswa baru dari tanggal 4 Agustus yang lalu sampai dengan 24 Agustus mendatang,” kata Kasubag Tata Usaha UPBJJ-UT Jambi Andrianti di Jambi, Jumat.

Sejak pendaftaran penerimaan mahasiswa baru dibuka, sudah sekitar 1.300-an mahasiswa yang mendaftar di UPBJJ-UT Jambi. Menurut Andrianti, jumlah pendaftar kemungkinan besar akan bertambah mengingat masa pendaftaran masih panjang.

Jika berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya jumlah mahasiswa baru yang mendaftar mencapai 1.500 mahasiswa. Namun, tidak semua mahasiswa yang mendaftar tersebut tercatat sebagai mahasiswa baru.

Pendaftaran baru tercatat sebagai mahasiswa baru setelah mengembalikan formulir pendaftaran untuk diregistrasi dan membayar uang pendaftaran. “Kalau berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, dari jumlah calon mahasiswa yang mendaftar tersebut, sekitar 80 sampai 90 persen yang menjadi mahasiswa baru di UT,” kata Andrianti.

Penerimaan mahasiswa UT dilakukan sepanjang tahun. Jika calon mahasiswa mendaftar, namun periode penerimaan semester ini telah berakhir, maka mahasiswa yang mendaftar tersebut akan masuk dalam semester berikutnya.

Pada periode penerimaan mahasiswa baru semester sebelumnya, terdapat 700 mahsiswa yang mendaftar masuk UT. Sehingga jika ditotal penerimaan mahasiswa baru UPBJJ-UT Jambi dalam satu tahun lebih dari 2.500 orang.

Saat ini, mahasiswa aktif di UPBJJ-UT Jambi berjumlah 6.100 orang. Jumlah ini belum termasuk calon mahasiswa baru yang mendaftar, dan masih terdapat sejumlah mahasiswa yang belum melakukan daftar ulang.

Sementara itu, terdapat dua sistem perkuliahan pada UPBJJ-UT, yakni sistem SKS murni dan sistem paket semester. Dan untuk mahasiswa yang mengambil jurusan keguruan diwajibkan mengambil sistem paket semester, karena terdapat praktek-praktek dalam pembelajarannya.*

Baca juga: Vokasi UI--Universitas Terbuka luncurkan program pelatihan jarak jauh

Baca juga: Universitas Terbuka gandeng 10 kampus selenggarakan kuliah daring


Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019