Hewan kurban yang terkumpul melalui Global Qurban-ACT akan didistribusikan hingga ke-50 negara
Banda Aceh (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap (ACT) menawarkan beragam kemudahan dalam berkurban menjelang Idul Adha 1440 Hijriah, karena selain harga hewan kurban lebih terjangkau juga bisa membelinya melalui sistem daring.

Kepala Cabang ACT Aceh, Husaini Ismail di Banda Aceh, Jumat, memaparkan bahwa pihaknya memberi kemudahan dalam berkurban baik melalui transaksi secara "online" maupun "offline", karena momentum Idul Adha dianjurkan bagi umat Islam yang mampu melaksanakan ibadah kurban.

"Masyarakat bisa transaksi 'online' melalui mobile banking BNI Syariah 88 00000 740 atas nama Yayasan Global Qurban, dan Bank Aceh Syariah 010 0193 000 9205 atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap. Selain itu, masyarakat bisa bertransaksi kurban melalui landing page bit.ly/Dermawan_Berqurban," katanya.

Ia menerangkan, Global Qurban ACT GQ turut bekerja sama dengan Bank Mandiri Syariah, OVO, dan Go Pay, sehingga pilihan umat muslim dalam melakukan transaksi semakin banyak.
 
"Masyarakat yang sulit berqurban langsung, maka dengan kecanggihan teknologi kita permudah lewat mekanisme berkurban berbasis 'online'," ucapnya.

Sedangkan secara offline, lanjut dia, Global Qurban-ACT Aceh membuka "booth" kurban di lantai satu Suzuya Mall Banda Aceh, Suzuya Mall Bireuen, dan lobi Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang di Aceh Besar.

Ia menyebut, warga bisa melaksanakan transaksi kurban secara tunai di ketiga tempat tersebut, atau langsung mendatangi Kantor ACT Aceh di Jalan Tgk HM Daud Beureueh, Nomor 46, Gampong (Desa) Keuramat, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

Harga hewan kurban melalui Global Qurban-ACT, yakni kambing Rp1,6 juta/ekor, dan sapi Rp11,55 juta/ekor. Khusus bagi warga yang ingin berkurban di Palestina dan Suriah, maka harga hewan kurban jenis domba Rp4,75 juta/ekor, sapi Rp33,25 juta/ekor, dan unta Rp27,5 juta/ekor.

"Hewan kurban yang terkumpul melalui Global Qurban-ACT akan didistribusikan hingga ke-50 negara, dan target penerima manfaat enam juta orang. Hewan kurban insya Allah memiliki kualitas yang baik, karena perawatan memenuhi standar," ucap Husaini.

Program menarik lainnya dari Global Qurban-ACT, yakni "flash sale" di mana masyarakat bisa berkurban dengan harga lebih terjangkau melalui donasi.act.id/flashsaleglobalqurban/aceh.

Harga kurban "flash sale" kambing Rp1,5 juta/ekor dan sapi Rp10,5 juta/ekor yang berlaku sejak Rabu-Jumat dengan waktu Rabu (7/8) pukul 19.00-20.00 WIB, Kamis (8/8) pukul 18.00-20.00 WIB, dan Jumat (9/8) pukul 13.00-15.00 WIB.

Ia mengatakan, harga "flash sale" tersebut bertujuan memudahkan masyarakat agar mereka yang ingin berkurban tidak khawatir mahalnya harga hewan kurban. Pihaknya mencoba memudahkan bagi yang memiliki niat berkurban, dan menyesuaikan kondisi generasi milenial.

"Apalagi menjelang Hari Raya yang kebanyakan harga hewan kurban naik, sementara di Global Qurban-ACT harganya turun," terang Husaini Ismail.


Baca juga: ACT kolaborasi dengan 400 mitra untuk kurban
 Baca juga: Besek mendadak diburu
 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019