Senin, 23 Oktober 2017

Rektor: IHDN Denpasar Wisuda 389 Orang

| 460 Views
id wisuda ihdn denpasar, ihdn denpasar
Rektor: IHDN Denpasar Wisuda 389 Orang
Rektor IHDN Denpasar Prof. Dr. I Nengah Duija MSi saat kegiatan Wisuda XXIV di Denpasar. (Istimewa)
Denpasar (Antara Bali) - Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, Bali melakukan Wisuda XXIV terhadap 389 mahasiswa dari program studi (S-1), pascasarjana (S-2)dan program doktor (S-3).

Rektor IHDN Denpasar Prof. Dr. I Nengah Duija MSi saat dikonfirmasi di Denpasar, Sabtu, mengatakan kegiatan Wisuda XXIV diikuti sebanyak 389 orang. Melihat dari grafik kelulusan dari tahun ke tahun terakhir, sebanyak 80 persen lulusan IHDN sudah terserap di dunia kerja," katanya.

Ia mengatakan kepada seluruh lulusan IHDN, berharap mereka nantinya dapat tersebar di seluruh Indonesia untuk ikut aktif membangun kualitas kehidupan umat Hindu di seluruh Tanah Air.

Duija mengatakan acara wisuda yang digelar Jumat (15/9) mengusung tema "Kita Kukuhkan Semangat Kebangsaan melalui Empat Konsensus Nasional Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika".

Lebih lanjut Duija menjelaskan saat ini kualitas pembelajaran di IHDN sudah mengalami peningkatan. Hal itu karena jumlah dosen yang dimiliki saat ini, yakni enam orang sudah menyandang guru besar, 51 orang doktor dan 59 orang masih menempuh pendidikan S3 dan sisanya adalah S2. Itu artinya, secara kualifikasi sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki hampir 40 persen sudah bergelar doktor.

Bahkan untuk memajukan IHDN Denpasar, kata dia, saat ini pihaknya juga sudah menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dan instansi atau lembaga.

"Kami harapkan dengan SDM tersebut, maka lulusan yang dihasilkan akan berkolerasi dengan SDM yang dimiliki. Semakin tinggi kualitas SDM dosen yang dimiliki, maka kualitas pembelajaran dan juga hasilnya akan juga meningkat," ucapnya.

Duija menambahkan untuk menghasilkan generasi muda Hindu yang berkarakter dan berakhlak mulia, IHDN berupaya memberikan bimbingan, agar bisa menjadi generasi emas di masa mendatang.

Hal itu tidak terlepas dari visi IHDN yaitu, "Terdepan dalam Dharma Widya dan Budaya" yang diimplementasikan melalui misi yaitu "Mewujudkan Sarjana yang Sujana". Sampai saat ini, IHDN Denpasar memiliki sebanyak 2.230 orang mahasiswa.

Adapun lulusan terbaik yaitu, I Putu Suyasa Ariputra SPd dari program studi Pendidikan Agama Hindu (S1) dengan IPK 3.92, predikat dengan pujian/cumlaude. Kemudian dari program studi Megister Agama, Program Studi Brahma Widya (S2) diraih oleh Hari Harsananda S.Ag, M.Ag dengan IPK 4.00 predikat dengan pujian/cumlaude. Sedangkan, dari program doktor diraih oleh Dr. Komang Indra Wirawan, S.Sn. M.Fil.H. (WDY)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga