Undiksha Lepas 1.741 Wisudawan, Rektor: Lulusan Kami Punya "Karakter" (Video)

Undiksha Lepas 1.741 Wisudawan, Rektor: Lulusan Kami Punya

Rektor Undiksha, Dr I Nyoman Jampel MPd saat melakukan prosesi wisuda di auditorium kampus setempat. Antara Bali/Bagus Andi Purnomo/bgs/2017.

Singaraja (Antara Bali) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali melepas sebanyak 1.741 wisudawan/ wisudawati dari berbagai program studi bertempat di Auditorium Kampus Tengah, Rabu.

"Wisuda tahun ini merupakan yang ke-53. Puluhan tahun perjalanan Undiksha, kami memiliki 52 ribu lebih alumni tersebar di seluruh wilayah tanah air," kata Rektor Undiksha, Dr I Nyoman Jampel MPd.

Ia menjelaskan, Undiksha dalam kesempatan tersebut total melepas sebanyak 262 lulusan magister berbagai jenjang, sebanyak 1.332 lulusan strata satu (sarjana) dan juga sebanyak 147 orang lulusan diploma tiga.

Undiksha, kata Jampel, kedepan tetap fokus pada tugas pokok yakni mencetak lulusan yang berkualitas dan berdaya saing baik guru maupun tenaga profesional.

Namun, terang dia, saat ini kampus yang dikenal dengan sebutan seribu jendela itu mengutamakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang pertama yakni pendidikan dan pengajaran. "Memang fokus kami untuk saat ini adalah pendidikan dan pengajaran. Baru kemudian pada sektor penelitian dan pengabdian pada masyarakat," terang dia.

Rektor Jampel juga mengungkapkan, Undiksha dalam proses pendidikan dan pembelajaran tetap berpegang teguh pada pendidikan karakter dan moral, dengan tetap berdasar pada kerangka kualitas dan prestasi.

"Guna mencetak lulusan yang berdaya saing harus diperhatikan mengenai karakter dan moralnya. Seseorang dengan kemampuan intelektual dan moral yang sama baik, kami kira akan sangat mudah mencari pekerjaan atau bahkan membuka lapangan kerja," jelasnya.

Pihaknya berharap lulusan Undiksha tetap dapat membawa nama baik perguruan tinggi yang selama ini sudah diakui dapat melahirkan tenaga kerja, baik guru maupun tenaga profesional yang terampil dan berdaya saing.

"Lulusan kami dikenal memiliki karakter cekatan dan terampil. Oleh karena itu hampir semua dapat terserap di dunia kerja. Semua itu karena ketika kuliah mereka dididik dengan baik, moral dan intelektualnya," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Undiksha juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa/mahasiswi berprestasi dalam berbagai jurusan dan program studi karena dapat meraih indeks prestasi kelulusan predikat "cumlaude".

Adapun peraih indeks prestasi akademik tertinggi yakni Ni Luh Ayu Putri Utari, S.Pd berasal dari Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dengan IPK 3,96. (*/adt)

Video oleh Bagus Andi Purnomo