Wagub Sudikerta Ingatkan Guru Beri Pendidikan Berkualitas

Wagub Sudikerta Ingatkan Guru Beri Pendidikan Berkualitas

Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta di sela-sela Lomba Sains tingkat SMA se-Bali, di Denpasar. (Antara Bali/Via Humas Pemprov Bali/wdy/2017)

Denpasar (Antara Bali) - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengingatkan para guru di Pulau Dewata untuk bersatu padu memberikan pendidikan yang berkualitas kepada para siswa sehingga kelak dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional.

"Proses mempelajari sains dengan benar akan melatih kita menggunakan prinsip-prinsip logika dalam mengevaluasi apakah informasi yang diperoleh itu benar atau salah. Proses pelatihan ini akan mengasah ketajaman kita dalam berpikir kritis dan menggunakan logika," kata Sudikerta di sela-sela Lomba Sains tingkat SMA se-Bali, di Denpasar, Senin.

Lomba Sains tersebut digelar pihaknya dengan menggandeng Forum Bali Pintar sebagai upaya menggugah kepedulian generasi muda terhadap pengetahuan di bidang sains.

Dalam kesempatan itu, Sudikerta mengapresiasi para siswa yang dengan semangat mengikuti ajang perlombaan tersebut.

Menurut dia, sains bisa tidak ada gunanya bagi seseorang jika dipelajari dengan cara yang salah. Menghafal rumus tanpa mengerti konsep, menghafal berbagai metode untuk mengerjakan soal, dan sebagainya adalah contoh bentuk kesalahan dalam mempelajari sains.

"Tetapi sains juga bisa sangat-sangat dekat dengan kehidupan seseorang jika bisa menerapkan metode berpikir saintifik dalam mengevaluasi informasi yang kita terima," ucapnya.

Oleh karena itu, Sudikerta meminta para guru sebagai pengayom siswa di sekolah bersatu padu untuk memberikan pendidikan yang berkualitas pada siswa, sehingga ilmu yang diberikan dapat diterima dengan baik dan menjadi acuan bagi para siswa untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

"Saya minta para guru bersatu, tidak ada pilih kasih dan benar-benar memperhatikan kualitas mengajarnya sehingga apa yang diberikan tersebut adalah pendidikan yang berkualitas dan dapat diserap dengan baik oleh para siswa," ujarnya.

Hal tersebut, lanjut dia, tentu akan membawa prestasi bagi siswa itu sendiri maupun sekolah yang diwakilinya di tingkat nasional maupun internasional," ucapnya.

Dalam lomba Fisika yang telah diikuti oleh siswa SMA di seluruh Bali tersebut Juara I diraih oleh SMAN 2 Amlapura atas nama Komang Sadha Gunawan; Juara II diraih oleh I Made Putra Arya Winata dari SMA Negeri 1 Tabanan; Juara III kembali diraih oleh SMA Negeri 2 Amlapura atas nama Komang Dharma Kurniawan.

Di samping itu juga dipilih nama-nama yang menduduki peringkat 4-10, diantaranya; peringkat 4 diraih oleh SMA Negeri 1 Bangli, peringkat 5 diraih oleh SMA Negeri 2 Amlapura, peringkat 6 diraih oleh SMA Negeri 1 Bangli, Peringkat 7 diraih oleh SMA Negeri 1 Denpasar, peringkat 8 diraih oleh SMA Negeri 1 Denpasar, peringkat 9 diraih oleh SMA Negeri 5 Denpasar dan peringkat 10 diraih oleh SMA Negeri 1 Kuta Selatan.

Hadir pula dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali TIA Kusuma Wardhani, Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi Bali di Kabupaten Badung Metti Utami Dewi, serta perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Bali.  (WDY)