Selasa, 24 Oktober 2017

Bupati Suwirta Tinjau Persiapan Ritual di Nusa Penida

| 1.148 Views
id ritual hindu, ritual nusa penida, pemkab klungkung
Bupati Suwirta Tinjau Persiapan Ritual di Nusa Penida
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny, Ayu Suwirta saat menghadiri tiga persiapan lokasi Karya di tiga desa adat di Kecamatan Nusa Penida. (Humas Pemkab Klungkung)
Semarapura (Antara Bali) - Bupati Klungkung, Bali I Nyoman Suwirta melihat dari dekat warga di tiga desa adat di Kecamatan Nusa Penida, sebuah pulau yang terpisah dengan daratan Bali yang secara gotong toyong melakukan persiapan melaksanakan kegiatan ritual yang puncaknya jatuh pada hari Rabu (2/8).

Ketiga pura yang ditinjau hari Sabtu tersebut terdiri atas Pura Geria Kapah Agung, Desa Ped, Pura Paibon KI Mantri Tutuan Prati Sentana Ida Dalem Mangkori, Ponjok Pule dan Merajan Kanginan Arya Wang Bang Penatih, Desa Pkraman Tanglad.

Bupati Nyoman Suwirta menyambut baik semangat warga desa adat dalam melakukan persiapan kegiatan ritual berskala besar yang sepenuhnya didanai secara gotong royong oleh masyarakat.

"Semangat gotong royong ini agar terus dipupuk untuk dikemudian hari dalam melaksanakan kegiatan ritual secara tulis iklas. Selain itu agar selalu menanamkan rasa kebersamaan `menyama braya`" ujar Bupati Nyoman Suwirta.

Dengan kebersamaan dan gotong royong kegiatan ritual berskala besar di tiga desa adat itu diharapkan akan dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Bupati dalam kesempatan itu didampingi oleh Nyonya Ayu Suwirta dan Camat Nusa Penida I Gusti Gde Agung Putra Mahajaya sempat mengadakan persembahyangan bersama dengan masyarakat setempat di tiga pura besar tersebut.

Selain itu juga menyerahkan bantuan (punia) kepada pihak panitia karya. (WDY)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga