Bogor (Antara Bali) - Jerman menunjukkan kelasnya sebagai juara bertahan Piala Dunia dengan mengalahkan San Marino dengan skor 8-0 pada pertandingan keempat fase grup C kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia yang digelar di Stadion Olimpiade San Marino, Minggu dini hari waktu Indonesia.

Serge Gnabry, bekas pemain klub Inggris Arsenal yang kini merumput bersama Werder Bremen bermain cemerlang dengan mencetak tiga gol pada laga debutnya untuk Timnas Jerman.

Kemenangan itu memastikan Der Panzer menguasai tabel klasemen sementara grup C dengan catatan selalu menang dari empat laga untuk mengoleksi 12 poin, adapun San Marino yang selalu kalah berada di peringkat terbawah tanpa meraih poin.

Pada jalannya pertandingan, pasukan Joachim Loew tidak butuh waktu lama untuk menyarangkan bola ke dalam gawang San Marino. Gelandang Juventus, Sami Khedira, menjebol gawang San Marino setelah menerima umpan terobosan dari Ilkay Goendogan pada menit ketujuh.

Dua menit kemudian, Jerman menggandakan kedudukan 2-0 lewat gol Serge Gnabry memanfaatkan serangan yang dilancarkan penyerang Mario Gomez. Gol itu menjadi spesial untuk Serge Gnabry karena diciptakan pada debutnya untuk tim nasional Jerman.

Serangan kombinasi Mario Gomez dan Serge Gnabry nyaris menambah keunggulan untuk Jerman, beruntung peluang itu dihentikan kiper San Marino, Aldo Simoncini, pada menit 11.

Umpan pendek Mario Goetze diselesaikan Jonas Hector dengan sempurna untuk mengubah skor menjadi 3-0 pada menit 32. Skor 3-0 bertahan hingga jeda babak pertama.

Pada babak kedua menit 56, Serge Gnabry mencetak gol kedua yang mengantar Jerman unggul 4-0 setelah menerima umpan tarik Joshua Kimmich. Gol ini juga tercipta akibat kegagalan taktik jebakan offside yang diterapkan San Marino.

Jonas Hector mencetak gol yang menambah keunggulan tim Panser menjadi 5-0 lewat umpan Mario Gotze yang mengecoh kiper Aldo Simoncini pada menit 65.

Serge Gnabry merayakan hattrick sekaligus mengubah skor menjadi 6-0 lewat sepakan voli yang ia ciptakan usai berkolaborasi dengan Thomas Muller pada menit 76.

Jerman belum puas dengan keunggulan enam gol. Pemain nomor 9 Mattia Stefanelli, menambah derita San Marino dengan gol bunuh diri yang ia lakukan akibat salah mengantisipasi umpan pemain Jerman Kevin Volland pada menit 82.

Kevin Volland kemudian mencetak gol pada menit 85 menyusul bola sodoran dari Thomas Muller untuk menambah lagi skor menjadi 8-0. Keunggulan telak Jerman bertahan hingga laga usai, demikian laporan pertandingan FIFA. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Alviansyah Pasaribu

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016