Denpasar (Antara Bali) - Direktur Kargo PT Garuda Indonesia Sigit Muhartono mengatakan rute penerbangan baru Maumere, Nusa Tenggara Timur-Bandara Ngurah Rai (Bali) merupakan langkah strategis maskapai Garuda dalam meningkatkan potensi dan memperluas pasar penerbangan domestik, khususnya Indonesia timur.

"Selain itu upaya pengembangan bisnis perusahaan, pembukaan rute baru tersebut juga merupakan bagian dari komitmen Garuda Indonesia untuk mendukung program-program pemerintah dalam meningkatkan konektivitas antarpulau dan kota, khususnya dalam memajukan pariwisata nasional dengan mencapai target kunjungan 272 juta wisatawan ke Indonesia, di antaranya 260 juta merupakan wisatawan domestik hingga tahun 2020," kata Sigit di sela peresmian penerbangan perdana, di Maumere NTT, Kamis.

Ia mengatakan langkah yang dilakukan maskapai Garuda sebagai upaya berkelanjutan dalam meningkatkan konektivitas antarkota di Tanah Air sekaligus memperkuat jaringan penerbangan di pasar domestik, khususnya di wilayah Indonesia bagian timur.

Sigit menjelaskan Garuda Indonesia melayani penerbangan Maumere-Denpasar pergi pulang empat kali dalam seminggu, yaitu setiap hari Selasa, Kamis, Jumat dan Minggu, dengan menggunakan pesawat ATR 72-600 dengan kapasitas sebanyak 70 orang penumpang kursi ekonomi.

Penerbangan dari Maumere (GA 491) berangkat pukul 10.55 Wita dan tiba di Denpasar pukul 12.55 Wita, kemudian terbang kembali dari Denpasar (GA 490) keesokan harinya pukul 07.00 Wita dan akan tiba di Maumere pada pukul 09.00 waktu setempat.

"Dengan jumlah penduduk di Pulau Flores lebih dari 311 ribu jiwa, dan rencana pemerintah daerah untuk menjadikan Bandara Frans Seda sebagai hubungan kedua di NTT, layanan ini diharapkan dapat meningkatkan arus wisatawan dan pebisnis antarkedua kota, sehingga pariwisata dan perekonomian Maumere semakin tumbuh," kata Sigit.

Sementara Bupati Maumere Yoseph Ansar Rera meyambut gembira pembukaan rute baru tersebut, maka konektivitas Maumere dari dan menuju Denpasar maupun kota-kota lainnya di seluruh Indonesia akan semakin meningkat.

"Dengan dibukanya rute ini, maka akan semakin memudahkan pengguna jasa di kota-kota lainnya untuk melaksanakan perjalanan bisnis maupun wisata, baik ke Maumere dan sekitarnya," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016