Surabaya (Antara Bali) - Ratusan kadet atau taruna dari berbagai negara ASEAN yang tergabung dalam "Asean Cadet Sail 2016" dengan menaiki KRI Dewaruci menyinggahi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Sebelum merapat di Pelabuhan Lembar, NTB, Senin (12/9), para kadet dari berbagai Negara ASEAN melaksanakan Shalat Idul Adha di geladak utama KRI Dewaruci," kata Kadispen Koarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman kepada Antara di Surabaya, Selasa.

Ia menjelaskan imam dalam Shalat Idul Adha adalah Serda Bah Masrukin, sedangkan khatib adalah Sermatutar (T) Reno Afrio.

Setelah melaksanakan Shalat Idul Adha, KRI Dewaruci disambut KAL Lembar beserta siswa Saka Bahari dari Lombok, para Taruna Angkatan Laut se-Asean itu menyaksikan penampilan kesenian warga Sasak berupa Gendang Beleq.

Program pertama kali yang digagas oleh Angkatan Laut di ASEAN itu bertujuan menjalin persahabatan antara taruna negara-negara di ASEAN, karena itu para taruna selama singgah di beberapa kota selalu diperkenalkan kebudayaan dan tempat wisata Indonesia.

Dalam penyambutan tersebut, para taruna peserta Asean Cadet Sail 2016 yang dipimpin oleh Komandan Satgas Kolonel Laut (P) Isworo Sulistyanto menerima ucapan selamat datang dari Komandan Lanal Mataram Kolonel Mar Djentayu Suprihandoko dan Sekretaris Daerah Lombok Barat.

Rombongan Asean Cadet Sail 2016 yang didampingi oleh Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji dan para perwira pendamping itu juga berkunjung ke kantor Gubenur NTB yang diterima oleh Wakil Gubernur (Wagub) NTB Muhammad Amin dan Komandan Lanud Rembiga Kolonel (Pnb) Bambang Gunarto. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Edy M Yakub

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016