Denpasar (Antara Bali) - Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar kini memiliki 336 dosen dan tenaga kependidikan pegawai negeri sipil (PNS) yang tersebar di tiga unit kerja lembaga pendidikan tinggi seni tersebut.

"Mereka terdiri atas dosen 220 orang dan tenaga kependidikan 116 orang," kata Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Gede Arya Sugiartha SSKar M.Hum di Denpasar, Sabtu.

Ia mengatakan, ketiga unit kerja tersebut meliputi Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa dan Desain serta Program Pasca Sarjana.

Fakultas Seni Pertunjukan memiliki dosen dengan jenjang pendidikan S1 sebanyak empat orang, S2 81 orang dan S3 13 orang. Fakultas Seni Rupa dan Desain memiliki dosen dengan jenjang pendidikan S1 empat orang, S2 103 orang dan S3 sembilan orang dan seluruh dosen Program Pasca Sarjana memiliki jenjang pendidikan S3, yakni sebanyak enam orang.

Arya Sugiartha menambahkan, secara keseluruhan ISI Denpasar memiliki dosen dengan kualifikasi pendidikan S1 sebanyak delapan orang (3,64 persen), S2 184 orang (83,64 persen) dan S3 sebanyak 28 orang (12,72 persen) dengan total jumlah dosen sebanyak 220 orang.

Sementara penerimaan mahasiswa baru di lingkungan ISI Denpasar melalui jalur seleksi mandiri belum mengikuti pola penerimaan mahasiswa baru bagi perguruan tinggi negeri.

Kegiatan penerimaan mahasiswa baru diawali dengan mengadakan sosialisasi melalui media, penyebaran brosur, web www.isi-dps.ac.id dan mengadakan kunjungan langsung ke sekolah-sekolah oleh seluruh jurusan/program studi.

Lembaga pendidikan tinggi seni itu sejak tahun 2010, selain seleksi secara mandiri, juga melalui jalur beasiswa bidikmisi yang dialokasi oleh pemerintah.

Pemerintah melalui Ditjen Dikti Kemdikbud mulai tahun 2010 memberikan beasiswa dan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016