Negara (Antara Bali) - Perhatian Bupati Jembrana I Putu Artha terhadap program Keluarga Berencana yang mampu meningkatkan partisipasi masyarakat untuk berKB, meraih penghargaan tertinggi dalam bidang KB. Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty memberikan penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Bupati Jembrana I Putu Artha, Kamis (28/7) malam dalam puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXII di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Penghargaan atas komitmen Bupati Artha dalam mensukseskan program KB tersebut disematkan langsung Surya Chandra Surapaty, disaksikan Gubernur, Bupati dan Walikota  se Indonesia.

Penghargaan kepada Bupati Jembrana tersebut merupakan penghargaan  tertinggi dari pemerintah pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kepada sosok yang dinilai memiliki dedikasi tinggi terhadap program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.
 
Bupati Artha  didampingi Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Jembrana Ny. Kade Ari Sugianti dan  Kabag Humas dan Protokol Made Gede Budiartha,  mengatakan sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN.

Menurut Artha penghargaan Manggala Karya Kencana merupakan hasil kerja keras Pemkab Jembrana khususnya Kantor PPKB Kabupaten Jembrana khususnya dalam hal Keluarga Berencana. Artha berharap kedepan penghargaan ini dapat dipertahankan bahkan bisa lebih baik lagi. Keseriusan Pemkab Jembrana dalam mensupport kegiatan Keluarga Berencana tidak hanya berupa  moril saja namun juga dengan dengan APBD dan perjuangan meraih anggaran APBN  hingga mencapai Rp 3 Milliar.
 
Sementara itu Kepala Kantor PPKB Jembrana Ny. Kade Ari Sugianti menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Jembrana  khususnya Bupati Artha yang selalu mendukung penuh berbagai kegiatan Keluarga Berencana.

Selain itu menurut Ari Sugianti, prestasi yang diraihnya ini juga berkat peran serta dan dukungan masyarakat. “Selain dukungan dari Pemkab, kami juga aktif melakukan berbagai inovasi dalam bidang Keluarga Berencana” ujar Ari Sugianti.

Ia juga menyebutkan dibawah kepemimpinannya peserta KB aktif di Jembrana meningkat hingga 2,18 persen. Tercatat di tahun 2015 jumlah peserta KB aktif 42.314 orang, bertambah menjadi 43.168 di tahun 2016. Sejumlah program unggulan yang dilaksanakan antara lain, Pengadaan Minibus Jemput Antar Akseptor, Pemberian Biaya Operasional kepada kelompok Tri Bina, Pemberian penghargaan bagi peserta Vasektomi sejumlah Rp 500.000 per orang dan membentuk Kampung KB di setiap Kecamatan. Ditambahkannya selain program KB, Kantor PPKB Jembrana juga berkonsentrasi untuk meminimalisir pernikahan dini.(GBI)

Pewarta: Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016