Singaraja (Antara Bali) - TNI melalui Komando Distrik Militer 1609/Buleleng, Bali, memanen ribuan ikan lele hasil budidaya para anggota setempat sebagai wujud dukungan terhadap ketahanan pangan nasional.

"Kami berkomitmen ikut serta dalam meningkatkan ketahanan pangan khususnya di Buleleng, sebagai langkah untuk mensejahterakan masyarakat Buleleng bersinergi dengan Pemerintah Buleleng," kata Dandim 1609/Buleleng, Letnan Kolonel Infantri Budi Prasetyo di Singaraja, Rabu.

Ia mengatakan, panen dilaksanakan di Subak Yeh Batu Desa Sangket, Kecamatan Sukasada yang selama ini dikelola oleh Kodim Buleleng, di tanah milik Babinsa Koramil Sukasada, Serma Ketut Sedana.

Ia menambahkan, panen lele nantinya bisa menambah simpati terhadap pihak lain untuk menggunakan lahannya sebagai lokasi budidaya ternak ikan lele, yang bermanfaat bagi masyarakat secara luas.

Ia berpendapat, ikan lele sangat bermaanfaat sekali untuk anak-anak karena banyak kandungan proteinnya. Selain itu, dengan budidaya ikan lele yang dilakukan masyarakat, bisa menambah penghasilan mereka," kata Dandim Prasetyo, usai kegiatan.

Sementara Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Buleleng, Made Arnika menjelaskan, pihaknya sangat mengapresiasi dengan semangat Kodim Buleleng untuk melakukan panen ikan lele.

Menurutnya, kedepan pihaknya akan membuat ramuan pakan lele yang murah meriah. Sebab, pakan lele yang ada di toko sangat mahal. "Nantinya pakan lele dapat dibeli dengan harga murah dan dapat dijangkau oleh para petani. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016