Denpasar (Antara Bali) - Artha Graha Peduli (AGP) menyelenggarakan pasar murah sembako bekerja sama dengan organisasi masyarakat Pemuda Bali Bersatu (PBB) sebagai bentuk kepedulian kepada warga dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok pada bulan suci Ramadan atau perayaan keagamaan.

Koordinator Pasar Murah AGP Wilayah Bali-Lombok Pandu Djojoadisoeprapto di Denpasar, Rabu mengatakan, pasar murah akan digelar sekitar 2.000 titik lokasi di berbagai kota di seluruh Indonesia, dan khusus AGP wilayah Jabodetabek juga akan mengadakan operasi pasar daging.

Pandu mengatakan, pihaknya menggelar pasar murah sembako bersubsidi yang bekerja sama dengan Indofood dan dijual dengan harga Rp25.000 per paket. Setiap paket berisi beras, mie instan, minyak goreng, dan gula.

"Hari ini atau minggu pertama bulan Ramadhan,kami di wilayah Bali melakukan pasar murah sembako di wilayah Monang Maning Kota Denpasar. Kegiatan hari ini kami lakukan bersama dengan para relawan De Gadjah (PBB), sebagai bentuk sosial dalam menanggulangi lonjakan harga kebutuhan pokok yang biasa terjadi," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya sudah melakukan kegiatan bantuan sembako sejak tahun 1990-an. Setiap hari Jumat AGP mendistribusikan beras kepada warga yang kurang mampu. Baru pada tahun 2000-an, media mengenalnya sebagai Artha Graha Peduli. Dan untuk kegiatan Ramadhan kali ini menyiapkan 17.000 paket sembako yang akan disebar ke beberapa titik di wilayah Bali dan Lombok.

Pandu menjelaskan selama tahun 2015 operasi pasar dan pasar murah Artha Graha Peduli telah menjangkau lebih dari 2.000 titik di seluruh Indonesia. Dalam kurun waktu setahun terakhir telah menyalurkan paket sembako dan daging murah di berbagai pelosok tanah air yang penyalurannya dilakukan bersama dengan para sahabat, dan mitra AGP di seluruh Indonesia.

Sementara Ketua Harian Ormas PBB Made Mulyawan Arya di sela kegiatan pasar murah tersebut mengatakan menyelenggarakan pasar murah, berupa paket sembako yakni beras, gula, mie instan dan minyak goreng seharga Rp25.000 per paket.

Ia mengatakan kegiatan pasar murah tersebut secara terencana akan berlanjut dengan lokasi yang berbeda. Karena kegiatan tersebut sepenuhnya didukung AGP untuk menyiapkan segala kebutuhan pokok tersebut.

"Kami mendapat dukungan dari pihak ketiga dalam menyelenggarakan pasar murah tersebut. Kegiatan ini juga serangkaian HUT Ke-14 PBB," kata Mulyawan Arya yang akrab dipanggil De Gadjah.

Menurut De Gadjah, kegiatan tersebut sebagai upaya mengajak kepedulian kepada warga masyarakat yang saat ini memerlukan keringanan dalam biaya hidup. Ajang ini juga mengharapkan lembaga sosial maupun pihak swasta lainnya ikutserta menggelar acara serupa.

"Bila semua lembaga atau instansi swasta peduli dengan lingkungan masyarakat, maka warga pun akan peduli dengan kegiatan-kegiatan nyata yang dilakukan ormas bersangkutan," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016