Denpasar (Antara Bali) - Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra membuka Indonesia "Scouts Challenge (ISC)" Regional Denpasar tahun 2016 di Lapangan Desa Pakraman Poh Gading, Kecamatan Denpasar Utara, Selasa.

Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan, Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2016 sangat bagus dan bermanfaat untuk anak-anak. ISC merupakan aktivitas berkemah dan berkompetisi seru yang diadakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, provinsi sampai di tingkat nasional.

Pemenang kegiatan trsebut juga nantinya akan diberikan hadiah untuk berangkat ke Amerika Serikat. Selain itu dalam ISC ini berbagai kegiatan yang menyenangkan dikemas secara modern dan menghibur dengan menggunakan metode kepramukaan sebagai landasan.

Menurut Rai Mantra kegiatan kepramukaan di Kota Denpasar sudah ada langkah revitalisasi atau perubahan. Meskipun sudah ada kegiatan Jambore Daerah dan Nasional Rai Mantra, meminta agar tetap menyelenggarakan kegiatan yang lebih menarik untuk ke depannya. Karena pendidikan kepramukaan sangat baik untuk mendidik karakter anak.

Untuk itu, Rai Mantra meminta peserta untuk mengikuti kegiatan ini secara serius sehingga bisa mewakili Bali dan duta Denpasar bisa berangkat ke Amerika Serikat untuk mewakili Indonesia.

"Untuk itu semua peserta harus semangat, disiplin dan berjuang untuk menang," kata Wali Kota Rai Mantra.

Ketua Panitia Sonny Sanjaya mengatakan ISC 2016 Regional Denpasar tahun 2016 merupakan sebuah alat pendidikan untuk menambah wawasan, pengalaman dan pengetahuan yang dikemas dalam bentuk kompetensi dan games yang menyenangkan serta edukatif.

Dalam kegiatan ISC dilaksanakan sembilan mata lomba yang terdiri atas PPGD, Slide The Word, Badge Challenge, Rolling Ball, Throwing Ball, English Corner, Sense Challenge dan puncaknya adalah Golden Scout Challenge.

Sonny mengaku kegiatan ISC digulirkan di Kwarda Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali menyasar para anggota pramuka penggalang ramu yang duduk di kelas V sekolah dasar sebagai pesertanya. Kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional, dimana pemenang di tingkat nasional akan mendapatkan hadiah berupa wisata ke Amerika Serikat.

Untuk Area Kwartir Daerah Bali, yakni Kwartir Cabang Denpasar adalah kwartir cabang ke-6 yang melaksanakan kegiatan ISC dari tujuh kwartir cabang se-Bali dengan jumlah peserta ditargetkan sebanyak 2000 orang pramuka penggalang ramu SD yang dikelompokan dalam regu yang masing-masing berjumlah 10 orang atau regu.

Pada pembukaan ISC Regional Denpasar ini peserta melakukan registrasi ulang sebanyak 1.920 orang. Dengan pembayaran sebesar Rp100 ribu per orang ditanggung oleh Pemerintah Kota Denpasar untuk itu kami ucapkan terima kasih," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016