Mangupura (Antara Bali) - Klub bola voli putri Bank Jatim berhasil mengalahkan juara bertahan Mabes TNI Jakarta 3-1 sehingga tim asal Surabaya itu merebut juara I pada final kejurnas Bola Voli Livoli Divisi Utama 2010.

Bank Jatim yang tahun lalu dikalahkan oleh Mabes TNI itu mengulang suksesnya pada 2008 yang berada pada posisi pertama. Tim itu unggul dalam pertandingan yang digelar di GOR Purna Krida, Kerobokan Kecamatan Kuta Utara, Badung, Minggu sore.

Bank Jatim sempat tertinggal 0-1 pada set I, setelah Yokbet dan kawan-kawan terus melakukan serangan hingga menyudahi set dengan skor 25-22 untuk Mabes TNI.

Kekalahan pada set I membuat tim asal Kota Pahlawan itu bangkit dengan melakukan serangan bervariasi lewat umpan bola-bola matang dari Kiki, toser bertubuh subur.

Bola-bola manis itu dimanfaatkan dengan baik oleh para striker Dini dan Weni sehingga mampu mencuri poin demi poin dan berhasil membawa Bank Jatim unggul di set II dengan skor 25-11. 

Pada set III, dimotori Rian dan Eni, Bank Jatim terus menggempur pertahanan juara bertahan Mabes TNI, hingga meraih angka 8-2.

Kehadiran Ratih dengan smash keras dan tajam juga mampu memompa semangat pemain Bank Jatim sehingga mengakhiri pertandingan dengan kemenangan skor 25-19.

Memasuki set IV atau penentuan, Bank Jatim semakin meningkatkan tempo permainan, sebaliknya pertahanan Mabes TNI semakin rapuh sehingga beberapa kali smash tajam Rian dan Ratih gagal diblok oleh juara Livoli 2009 itu.

Yokbet yang semula diandalkan Mabes TNI, permainannya tidak berkembang, beberapa kali bola bagus gagal dimanfaatkan dengan smash seperti set I, sebaliknya hanya melakukan pukulan tipuan yang kerap terbaca oleh lawan.

Lewat umpan matang dari toser Kiki, akhirnya Ratih berhasil mendaratkan smash tajam dan keras dan gagal diselamatkan Mabes TNI, sehingga pertandingan dimenangkan Bank Jatim dengan skor 25-13.

"Materi pemain kami lebih solid, meski banyak kami turunkan pemain yunior, namun mereka bisa bermain bagus," kata Manager Tim Bank Jatim Johannes Kunto, usai pertandingan.

Dengan hasil di laga Livoli 2010 ini Bank Jatim menjadi juara I, disusul Mabes TNI di peringkat II, Posivo Jakarta di tempat ketiga dan Yuso Gunadarma Bantul (DIY) di peringkat IV.

Usai pertandingan final putri dilanjutkan penutupan dan pemberian hadiah kepada para pemenang oleh Ketua Pengprov PBSVI Bali I Ketut Sudikerta. Juara I baik putra dan putri mendaptkan hadiah uang tunai Rp35 juta, juara kedua sebesar Rp25 juta. Sedangkan juara III dan IV masing-masing dapat uang tunai Rp20 juta dan Rp15 Juta.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010