Semarapura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Klungkung menggelar perlombaan sepeda hias sebagai rangkaian perayaan Hari Puputan Klungkung ke-108 dan HUT ke-24 Kota Semarapura.

Acara lomba sepeda hias ini dilepas Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gde Putu Winastra dan seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klungkung. Perlombaan ini berlangsung Senin (2/5) dan dimulai di depan Puri Agung Klungkung.

Acara sepeda hias ini mengambil rute depan Puri Agung Klungkung yang menempuh jarak tiga kilometer dari Jalan Flamboyan, berlanjut ke arah selatan depan SMAN 1 Klungkung ke barat, menuju Jalan Kecubung ke timur. Sampai akhirnya peserta tiba di `traffic light` ke kiri menuju Jalan Puputan terus ke utara menuju Catus Pata dan finish di depan Monumen Klungkung.

Kegiatan ini mengambil tema "Gema Santi". Adapun kriteria penilaian adalah bagaimana menciptakan kreativitas dan kesenian dalam menuju program inti, yakni Gema Santi. Sedangkan perjalanan di jalan raya sampai finish, tidak termasuk kriteria penilaian. Hal ini dikarenakan saat start penilaian sudah dilaksanakan.

Salah satu peserta sepeda hias Komang Agus Pradnyana Samadi asal SD 1 Semarapura Tengah, menyatakan, sangat senang ikut terlibat mengikuti lomba sepeda hias, sebagai ajang memeriahkan peringatan Hari Puputan Klungkung.

"Saya ikut dengan menampilkan sepeda berbentuk perahu berhias botol bekas. Ini sekaligus berpartisifasi membersihkan lingkungan," ujar Pradnyana Samadi.

Sementara itu, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta menyampaikan rasa puas dan sangat mengapresiasi dengan penyelenggaraan lomba sepeda hias ini, di mana jumlah pesertanya sampai lebih dari 200 anak muda.

Peserta yang ikut terdiri dari lima orang dari masing-masing Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kabupaten Klungkung, sedangkan sisanya dari SMP dan SMA di Kabupaten Klungkung masing-masing 15 peserta.

"Ke depan agar selalu ditingkatkan kreativitas anak-anak muda dan bisa memberikan hal yang positif buat Kabupaten Klungkung," ujar Bupati Suwirta. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Tri Vivi Suryani

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016