Denpasar (Antara Bali) - Ajang bisnis pariwisata tahunan, "Bali Beyond and Travel Fair" (BBTF) 2016 menampilkan tema wisata Toraja sebagai latar belakang utama dengan harapan mendongkrak kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Pulau Sulawesi itu.

"Tahun ini sangat berbeda dengan tema Toraja. Jadi semua penampilan BBTF 2016 itu dengan nuansa Toraja," kata Ketua Panitia BBTF 2016, Ketut Ardana di Denpasar, Sabtu.

Dia menjelaskan dua tahun penyelenggaraan BBTF sebelumnya belum pernah mengangkat tema daerah lain.

Namun tahun ini diharapkan lebih mengenalkan potensi dan daya tarik sebuah destinasi di Indonesia melalui tema yang diusung.

Menurut dia, setiap tahun ajang bisnis pariwisata yang dimulai sejak 2014 itu diupayakan menampilkan tema berbeda dari daerah lain di Indonesia.

Selain menampilkan latar belakang wisata Toraja, ajang tahun ini juga menampilkan potensi seni budaya dan kuliner khas seperti kopi Toraja.

Dengan mengusung tema Toraja diharapkan mendongkrak kunjungan wisata ke daerah itu mengingat destinasi itu mengalami kelesuan tingkat kunjungan.

"Belakangan kunjungan ke Toraja mulai sepi mungkin karena penerbangan langsung kurang. Sekarang Toraja mulai berbenah," imbuhnya.

Hingga saat ini sudah lebih dari 170 pembeli yang merupakan operator pariwisata dunia telah mendaftar di BBTF 2016.

Sedangkan penjual yang merupakan kalangan industri pariwisata di Indonesia ditargetkan mencapai 275 tour operator.

BBTF 2016 akan digelar pada Juni 2016 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Kabupaten Badung. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016