Singaraja (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta masyarakat untuk mengoptimalkan pendidikan generasi muda agar mampu menghadapi persaingan yang semakin ketat.

"Para orang tua agar memberikan perhatian serius bagi pendidikan putra-putrinya sehingga tidak ada yang putus sekolah. Karena pendidikan sangat penting dalam membangun kualitas masyarakat Bali, khususnya di Desa Bulian ini," kata Pastika saat berdialog dengan warga Desa Bulian, Singaraja, Kamis.

Menurut dia, dengan pendidikan yang baik akan membawa warga pada peningkatan kesejahteraan keluarga dan menurunnya tingkat kemiskinan. Pembangunan infrastruktur desa pun akan semakin maju karena masyarakat memiliki pengetahuan dan wawasan yang lebih luas .

Pastika menambahkan, cita-cita untuk membangun Bali yang maju, aman, damai dan sejahtera (Mandara) tidak bisa dilakukan secara parsial oleh beberapa pihak saja, namun membutuhkan keterlibatan seluruh lapisan masyarakat Bali, termasuk juga para remaja Bali yang merupakan generasi penerus bangsa.

"Para remaja harus optimal dalam mengenyam pendidikan di bangku sekolah, dimulai dari wajib belajar 12 tahun hingga menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mengingat persaingan di era globalisasi yang sangat ketat, mau tidak mau generasi muda harus menyiapkan kompetensi untuk memenangkan setiap peluang yang ada," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Bali itu juga mengapresiasi masyarakat Desa Pekraman Bulian yang telah mampu membangun keharmonisan antarwarga dan menjaga kondusivitas Bali agar tetap damai.

Ia berharap kondisi tersebut tetap terjaga dengan baik sehingga memberikan kenyamanan bagi warga setempat.

Sementara itu, Kelian (pimpinan) Desa Pekraman Bulian I Ketut Indra Yasa, mengucapkan terima kasih atas perhatian Gubernur Bali kepada masyarakat Desa Bulian.

Ia berharap nasihat yang disampaikan oleh Gubernur Pastika dapat diresapi dan dijalankan dengan baik oleh warganya. Selain itu, ia juga berterima kasih terhadap program Bali Mandara yang telah berikan, seperti Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM), Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) dan Gerakan Pembangunan Desa Terpadu (Gerbangsadu ) Mandara.

Menurut Indra Yasa, sejak program-program unggulan tersebut diterima oleh masyarakat Desa Bulian, telah dapat dimanfaatkan dan sampai saat ini sudah dapat dikembangkan dengan baik. Pihaknya berharap program tersebut dapat terus dijalankan pada kepemimpinan Gubernur Bali berikutnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016