Jakarta (Antara Bali) - Benfica berhasil mengalahkan Zenit Saint Petersburg 1-0 yang bermain dengan 10 orang pada leg pertama 16 besar Liga Champions, di Stadion Sport Lisboa, Rabu dini hari WIB.

Jonas menjadi pencetak gol tunggal Benfica dari tendangan bebas menyusul pelanggaran bek Zenit, Domenico Criscito, yang berbuah kartu merah pada menit 90. Zenit pun dipastikan tidak akan diperkuat Criscito pada leg kedua yang digelar di Rusia pada dua pekan mendatang.

Pada jalannya laga, penyerang Zenit Hulk mengancam lewat tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Benfica namun berhasil diamankan Julio Cesar pada menit 4.

Bek Benfica, Andre Almeida, terpaksa absen pada leg kedua karena akumulasi kartu setelah mendapatkan kartu kuning akibat melanggar bek Zenit, Domenico Criscito, pada menit 16.

Tendangan bebas Hulk pada menit 36 menyusul aksi Jardel yang menjatuhkan Hulk bahkan sama sekali tidak mengancam gawang Julio Cesar karena arah bola tidak akurat. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Pada awal babak kedua, gelandang muda Benfica Renato Sanches melepaskan tembakan dari luar kotak penalti namun tidak mengenai sasaran.

Kiper Benfica, Julio Cesar, mengamankan gawangnya hingga terjatuh saat mengjentikan sepakan Alex Witsel pada menit 52.

Sepakan gelandang serang Benfica, Gaitan, dari jarak 25 meter pun tidak berhasil menembus gawang Zenit pada menit 56.

Zenit pun harus kehilangan Javi Garcia pada leg kedua karena akumulasi kartu kuning setelah pemain Spanyol itu melakukan pelanggaran handball pada menit 60.

Selain itu, Criscito juga tidak bisa menemani Zenit di leg kedua menyusul akumulasi kartu kuning setelah tertangkap wasit menjatuhkan bek Benfica Andre Almeida pada menit 67.

Benfica melewatkan peluang emas untuk unggul setelah Gaitan yang mendapatkan umpan Jonas gagal menaklukan Lodygin. Bola yang sempat terlepas dari tangkapan Lodygin pun  tidak mampu dimaksimalkan Gaitan pada menit 70.

Sepakan jarak jauh Eliseu juga masih bisa ditangkap Lodygin pada menit 83.

Zenit terpaksa bermain dengan 10 orang setelah Criscito diusir wasit usai menerima kartu merah setelah menjatuhkan André Almeida pada menit 90.

Pelanggaran itu juga berbuah tendangan bebas yang dilepaskan Gaitan kemudian disambut aksi Jonas yang menggetarkan gawang Zenit pada menit 90+1. Skor 1-0 pun menutup laga ini.(WDY)

Pewarta: Pewarta: Alviansyah Pasaribu

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016