Denpasar (Antara Bali) - Sebanyak 281 petugas medis siaga memberikan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar, Bali, saat Hari Raya Imlek (8 Februari 2016) dan Hari Raya Umat Hindu (Galungan) pada 9-11 Februari 2016.

"Seluruh petugas medis yang disiagakan itu terbagi atas tiga giliran (shift) jaga sehingga masyarakat hendak berobat ke rumah sakit ini dapat pelayanan kesehatan secara optimal," kata Kepala Sub-Bagian Humas RSUP Sanglah dr I Kadek Nariyantha di Denpasar, Sabtu.

Dari total petugas yang disiagakan untuk Instalasi Rawat Darurat (IRD) sebanyak 136 petugas, mulai dari dokter spesialis trauma, spesialis anastesi, residen, triage, MOD, perawat ruangan, dan penunjang non medis.

Sementara itu, untuk di Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) petugas yang disiapkan 50 orang (perawat maupun dokter). Sedangkan di ruang Wing Amerta sebanyak 95 orang.

"Untuk pelayanan yang ditutup saat Hari Raya Galungan dan Kuningan yakni poliklinik rawat jalan, hiperbaric chamber dapat dilakukan secara on call," ujarnya.

Kemudian, untuk pelayanan Methadon di rumah sakit itu dijadwalkan untuk kontrolnya sudah diatur sebelumnya, artinya hari ini jadwal kontrol pasien berakhir dan tidak melayani saat hari raya.

Sedangkan, pelayanan VCT, TB BOTS juga ditutup sehingga sebelum libur pasien sudah diberikan obat yang disesuaikan dengan kebutuhan dan apabila nanti diperlukan lagi, pasien dapat menghubungi petugas.

"Untuk pelayanan VAR juga tutup karena persediaan kosong, kalau sebelum-sebelumnya pelayanan bisa dialihkan di IRD," ujarnya.

Demikian juga untuk ruang pelayanan cuci darah atau haemodialisa (HD I) saat Hari Raya Galungan tetap berjalan sesuai dengan jadwal, namun untuk di ruangan HD II dan III, pada 8-11 Februari ditutup, sehingga jadwal dimajukan pada hari ini.

Ia menambahkan, untuk di Wing Amerta pelayanan rawat jalan spesialis tutup selama libur hari raya tersebut, kecuali pelayanan dokter umum 24 jam.

"Dokter umum tetap jaga sesuai jadwal, bila perlu dokter spesialis akan dihubungi sesuai jadwal jaga," ujarnya.

Pihaknya terus memberikan informasi dan edukasi kepada pasien dan keluarga untuk meningkatkan pelayanan RSUP Sanglah sehingga pasien mendapatkan perawatan secara maksimal.

"Kami terus melakukan komunikasi, informasi, dan edukasi pada pasien dan keluarganya jelang Galungan dengan melakukan pengobatan lebih awal," katanya.

Untuk keluhan pelanggan di RSUP Sanglah dapat disampaikan ke Nomor 0361.3350100 (di Admittion). (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016