Denpasar (Antara Bali) - Koperasi Perempuan Ramah Keluarga (KPRK) bekerja sama dengan mahasiswa Universitas Pendidikan Nasional Denpasar menyelenggarakan "Talkshow" yang mengangkat tema "Sukses Melalui Wadah Koperasi".

Kegiatan "Talkshow" menghadirkan sejumlah narasumber yakni Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara, Kadis Koperasi dan UKM Kota Denpasar Made Erwin Suryadarma Sena, Ketua Perdiknas Denpasar Anak Agung Tini Rusmini Gorda, Ketua Klinik Konsultasi Bisnis IWAPI Bali dan Manager KPRK Anak Agung Rai Kartini.

Sekda Kota Denpasar Anak Agung Rai Iswara, Kamis memaparkan tentang pengembangan dan pemberdayaan koperasi di Kota Denpasar. Bila sebuah koperasi ingin sukses wajib melaksanakan strategi "541", dimana yang pertama adalah angka "5" yang berarti panca modal, yakni koperasi yang merupakan badan usaha wajib memiliki modal dana.

Selain itu, keberadaan koperasi memiliki sebuah kepercayaan yang berlandaskan empati dan kejujuran, harus memiliki sebuah inovasi-inovasi baru, kemudian jika ingin sukses berkoperasi harus bisa berkomunikasi, memberikan informasi serta berkordinasi dan yang terakhir dari panca modal, yakni wujudkan jalan kebersamaan dan kekeluargaan di dalam internal koperasi itu sendiri.

Rai Iswara lebih lanjut mengatakan setelah melaksanakan panca modal harus dibingkai dengan angka "4" yakni dibingkai dengan catur marga. Ini merupakan empat hal pebingkai dari panca modal yakni bakti marga berarti ketulusan menerima diri sebagai pengurus dan anggota koperasi, "Jnana Marga" berarti kualitas dalam sebuah pembelajaran menjalankan koperasi.

Selain itu juga ada "Kriya Marga" berarti kerja yang sungguh-sungguh dalam menjalan koperasi dan "Yoga Marga" berarti sebuah konsentrasi/fokus dalam menjalankan koperasi seningga menghasilkan profesionalisme.

Setelah panca modal dan catur marga ini disandingkan maka terbentuklah angka "1" yakni Tuhan, dimana segala yang telah dilaksanakan sesuai dengan panca modal dan catur marga harus di lengkapi dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar semua pekerjaan yang dikerjakan berjalan dengan baik dan lancar.

"Jika semua ini telah kita dilaksanakan semuannya, niscaya sesuai tema yakni Sukses melalui Wadah Koperasi akan bisa kita wujudkan dengan sebaik-baiknya," kata ujar Rai Iswara. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015