Ende, NTT (Antara Bali) - Kementerian Pariwisata mempromosikan "Wonderful Indonesia", logo pariwisata nasional kepada para agen perjalanan wisata yang berasal dari beberapa negara di kawasan Asia saat berkunjung ke destinasi wisata di Ende, Nusa Tenggara Timur.

"Logo ini menjadi `branding` (citra) pariwisata nasional untuk mancanegara yang lebih optimal dipromosikan salah satunya kepada biro perjalanan wisata internasional," kata Satya Pratama Kadranyata, selaku pendamping dari Kementerian Pariwisata di Ende, Nusa Tenggara Timur, Senin.

Desain `Wonderful Indonesia` diadaptasi dari lambang negara, burung Garuda dengan menggunakan lima warna seperti biru, hijau, jingga, unggu dan magenta.

Dia menjelaskan bahwa pihaknya saat ini tengah memperkuat eksistensi citra pariwisata baik dalam maupun di luar negeri salah satunya kepada agen tur wisata itu secara langsung.

Hal itu, imbuh staf pada Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara, dilakukan guna menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara ke sejumlah destinasi di Tanah Air.

Guna mengoptimalkan promosi logo Indonesia dan destinasi wisata yang potensial, pihaknya mengajak agen tur wisata dari empat negara di kawasan Asia untuk mengunjungi dan mengenal lebih jauh sejumlah obyek wisata di Flores.

Agen perjalanan wisata itu berasal dari Tiongkok, Thailand, Singapura dan Hong Kong yang selama ini banyak mendatangkan turis ke Indonesia sebagai salah satu pasar wisatawan.

Pulau Flores merupakan satu dari lima tempat wisata di Indonesia yang dikunjungi yakni Bali, Jawa Timur, Yogyakarta dan Bandung oleh agen perjalanan wisata lainnya.

Salah satu obyek wisata yang sudah dikunjungi di Flores adalah kawasan danau Kelimutu atau Danau Tiga Warna di Ende.

"Danau ini sangat unik dan begitu spesial. Orang Singapura belum banyak yang mendengar Kelimutu. Kalau Bali, mereka sudah sangat familiar. Ini perlu dipromosikan," ucap salah satu peserta dari biro perjalanan wisata dari Singapura, Koh Poh Chai.

Agen perjalanan wisata internasional tersebut sebelumnya mengikuti pelaksanaan ITB Asia, sebuah eksebisi pariwisata yang digelar 21-23 Oktober 2015 di Singapura.

Mereka kemudian diajak mengekplorasi potensi wisata di NTT oleh Kementerian Pariwisata setelah menikmati wisata di Bali selama sehari pada Sabtu (24/10) di antaranya kawasan wisata Sanur, Kuta dan Uluwatu.

Provinsi Bali selama ini merupakan satu dari tiga gerbang utama pintu masuk wisatawan mancanegara bersama Jakarta dan Batam. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015