Denpasar (Antara Bali) - Kegiatan transaksi pembelian emas batangan pada program tabungan emas di PT Pegadaian (Persero) Denpasar, Bali, sejak 1-27 September 2015 mencapai 241,25 gram.

"Dari transaksi pembelian emas itu, saya mencatat banyak masyarakat yang tertarik mengikuti program ini meskipun harga emas mengalami kenaikan harga," kata Kepala Cabang PT Pegadaian (Persero) Denpasar I Putu Suryawan di Denpasar, Selasa.

Dari jumlah pembelian emas itu, kata dia, pihaknya mencatat jumlah nasabah yang sudah mengikuti program tabungan itu mencapai 832 orang sejak 15 Agustus hingga 27 September 2015.

Ia mengakui, setiap hari banyak nasabah yang membuka rekening baru untuk mengikuti program tabungan emas di PT Pegadaian dan hingga saat ini masih terus berjalan. "Setiap hari banyak nasabah yang datang untuk membuka rekening baru," ujarnya.

Menurut dia, kenaikan harga emas ini terjadi disebabkan karena kondisi ekonomi yang melambat sehingga mempengaruhi harga logam mulia itu.

"Kami mencatat saldo tabungan emas milik nasabah secara keseluruhan di Pegadaian sejak 15 Agustus hingga 27 September 2015 mencapai 607,8 gram," katanya.

Untuk menambah minat masyarakat untuk mengikuti program tersebut, pihaknya terus berupaya menyosialisasikan melalui media cetak dan elektronik, maupun sosialisasi ke daerah-daerah bahwa sangat penting untuk berinvestasi emas.

Oleh sebab itu, program tabungan sebagai inovasi PT Pegadaian yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ingin menawarkan investasi menarik untuk masyarakat Bali.

Saat ini banyak peluang untuk memiliki emas batangan sebagai investasi bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah dari berat minimum lima gram hingga kelipatannya dengan bantuan lembaga keuangan seperti pegadaian.

Banyak fasilitas yang ditawarkan pegadaian dengan cara investasi emas batangan secara kredit dengan angsuran yang lumayan ringan tiap bulannya. Di samping itu, berat emas batangan pun dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial yang dimiliki oleh tiap orang.

Ia menambahkan, untuk transaksi pembelian emas batangan secara tunai dan cicilan peminatnya cenderung menurun, karena harga emas saat ini mengalami lonjakan.

Harga emas batangan satu gram saat ini menembus Rp600.650, Rp2,85 juta (lima gram), Rp5,65 juta (10 gram), Rp14,06 juta (25 gram), Rp28 juta (50 gram), Rp56,1 gram (100 gram) dan Rp559,6 juta (satu kilogram). (APP)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015