Jakarta (Antara Bali) - Pemerintah Hong Kong akan membuka kantor perwakilan di Jakarta guna mendukung peningkatan kerja sama di berbagai bidang seperti investasi, perdagangan, pariwisata, ekonomi kreatif dan pendidikan.

"Tadi ada pembicaraan mengenai pembukaan Hong Kong Economic Trade Office (kantor perdagangana ekonomi Hong Kong) di Jakarta," ujar Konsuler Jenderal untuk wilayah Hong Kong dan Macau Chalief Akbar yang mendampingi Kepala Administrasi Hong Kong C.Y. Leung bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis.

Pembukaan kantor perwakilan ini juga mendapat tanggapan positif dari Presiden Jokowi. "Tanggapan Presiden tadi sangat positif dan mengharapkan dengan adanya kantor ini meningkatkan kerja sama kedua pihak khususnya investasi dan perdagangan," ujar Chalief.

Chalief menambahkan bahwa kantor tersebut akan menjadi semacam konsulat atau perwakilan Hong Kong di Indonesia. Menurut Chalief, pemerintah Hong Kong akan menciptakan suatu pola kerja sama karena Hong Kong menerima 60 juta turis setiap tahunnya dimana sebagian besar adalah dari Tiongkok.

"Kemudian sekitar 50 persen dari daratan Tiongkok. Biasanya mereka kalau ke Hong Kong, baik dari Shanghai, Guangdong dari mana pun itu mereka akan ke negara ketiga," jelas Chalief.

Pembukaan kantor perwakilan Hong Kong di Indonesia tidak akan menjadi masalah karena Indonesia dengan Hong Kong dan Tiongkok sudah punya perjanjian bebas visa. Faktor pendukung lain adalah banyak penerbangan langsung dari Hong Kong ke Indonesia, ada yang masuk lewat Jakarta, Bali atau Surabaya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ageng Wibowo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015