Jakarta (Antara Bali) - Pemerintah Indonesia menyatakan komitmen kuat untuk mendukung negara-negara Kepulauan Pasifik dalam menghadapi berbagai tantangan pembangun, termasuk tantangan perubahan iklim, demikian menurut keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Minggu.

        Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M. Fachir, telah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Pacific Island Forum (KTT PIF) ke-46 di Port Moresby, Papua Nugini pada 7-11 September 2015.

        Pertemuan yang membahas isu-isu Perikanan, Perubahan Iklim, Kanker Serviks, Teknologi Informasi dan pelanggaran HAM di Papua Barat, menyepakati komunike bersama sebagai hasil dari KTT tersebut.

        Dalam pernyataannya pada pertemuan itu, Wamenlu RI menyampaikan bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki berbagai tantangan yang sama dengan negara-negara pulau di Pasifik.

        Terkait hal itu, Wamenlu Fachir menyampaikan komitmen Indonesia untuk mendukung negara-negara Pasifik dalam menghadapi berbagai tantangan pembangunan.

        "Indonesia siap, dan dengan semangat, mendukung negara-negara PIF (Pacific Island Forum)  dalam upaya pembangunannya," kata dia.

        Salah satu isu yang mendapat perhatian besar dalam pertemuan itu adalah isu terkait tantangan perubahan iklim yang dihadapi negara-negara Pasifik.

        Menanggapi hal itu, Wamenlu RI menyampaikan bahwa Indonesia memiliki komitmen yang tinggi untuk mengatasi perubahan iklim.

        Selain itu, kata dia, Pemerintah Indonesia juga akan membantu mendorong kepentingan negara kepulauan di Pasifik dalam upaya mendapatkan hasil yang baik dan layak pada pertemuan PBB untuk membahas Perubahan Iklim (UNFCCC) di Paris pada Desember tahun ini.

        "Kita akan bekerja dengan negara Pasifik untuk mendapatkan hasil di Paris guna mengatasi tantangan yang dihadapi negara-negara Pasifik terkait perubahan Iklim," tutur Wamenlu RI.

        Sebelumnya, dalam Forum Pembangunan Kepulauan Pasifik (Pacific Island Development Forum/PIDF), Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi menyampaikan komitmen Pemerintah Indonesia dalam upaya mengatasi perubahan iklim.

        "Dalam PIDF Indonesia sebagai tamu. Menlu RI menyampaikan komitmen Indonesia dalam upaya mengatasi 'climate change' dan langkah-langkah yang kita lakukan. Indonesia siap untku terus bekerja sama dalam mengatasi perubahan iklim," ujar Juru Bicara Kemlu Arrmanatha Nasir. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Yuni Arisandy

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015