Badung (Antara Bali) - Presiden Komisaris Mahaka Group Erick Thohir menyatakan siap menggelar Piala Presiden 2015 yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 30 Agustus di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

"Persiapan semuanya sudah selesai, terkait pembukaan, pembagian grup dan hal-hal lainnya," kata Erick Thohir di Kabupaten Badung, Sabtu.

Ia menjelaskan, Piala Presiden merupakan turnamen sepak bola profesional bertujuan menjalankan kembali roda persepakbolaan yang sempat terhenti sejak beberapa waktu yang lalu.

Erick Thohir menambahkan, turnamen tersebut diharapkan dapat menjadi barometer kompetisi sepak bola profesional dalam segala aspek sehingga dapat menjadi contoh dan teladan turnamen sepak bola selanjutnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, turnamen akbar itu akan melibatkan 16 klub, terdiri dari klub-klub kasta tertinggi sepak bola Indonesia dan klub kasta kedua (Divisi Utama).

Dikatakan, secara total turnamen itu akan mempertandingkan 38 partai yang seluruhnya akan disiarkan secara langsung salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia.

Setiap hari akan ada dua pertandingan pada babak penyisihan yakni pukul 15.00 WITA dan 18.00 WITA. Memasuki babak perempat final hingga semi final, menggunakan format kandang dan tandang (home away).

"Babak final sendiri rencananya akan digelar pada 18 Oktober di Stadion Utama Gelora Bung Karno," tambah dia.

Mengenai pendanaan, ia menjelaskan, pihaknya akan menyubsidi 16 klub yang berlaga pada turnamen tersebut sesuai dengan capaian masing-masing klub.

Ia mengungkapkan, pada babak penyisihan grup, masing-masing klub mendapatkan dana sebesar Rp500 juta dan biaya transportasi Rp100 juta. Pada babak delapan besar, klub yang lolos diberikan tambahan uang sebesar Rp250 juta dan biaya transportasi Rp100 juta.

"Setiap klub berstatus tuan rumah juga disubsidi sebesar Rp350 juta," imbuhnya.

Disinggung mengenai hadiah, pemilik tim sepak bola Inter Milan itu mengatakan klub yang berhasil menjadi juara mendapatkan hadiah sebesar Rp3 miliar dan klub peringkat kedua mendapatkan uang Rp2 miliar.

"Sementara, klub peringkat ketiga mendapatkan hadiah sebanyak Rp1 miliar dan peringkat keempat mendapatkan Rp500 juta," tambahnya.

Selain memberikan hadiah untuk klub peserta, Erick Thohir menambahkan, penyelenggara juga memberikan hadiah uang kepada pemain terbaik, pencetak gol terbanyak, dan klub dengan permainan paling bersih (fair play).

"Pemain terbaik akan dapat Rp200 juta, pencetak gol terbanyak akan mendapatkan Rp100 juta, dan klub paling `fair play` dapat Rp300 juta," kata Erick Thohir. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015