Kuta (Antara Bali) - PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai mencatat sebanyak 19.453 orang calon penumpang batal berangkat karena operasional bandara tersebut ditutup akibat erupsi Gunung Raung di Jawa timur.

"Total ada 277 jadwal penerbangan domestik dan internasional dibatalkan dengan jumlah calon penumpang sebanyak 19.453 orang," kata Co-General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, I Gusti Ngurah Ardita ditemui usai memberikan keterangan pers kepada awak media di Terminal Keberangkatan Internasional bandara setempat di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Jumat malam.

Ribuan penumpang tersebut kini telah ditangani oleh masing-masing maskapai penerbangan untuk diinapkan sementara di sejumlah hotel hingga kondisi penerbangan benar-benar aman untuk dilalui pesawat udara.

Sedangkan beberapa calon penumpang khususnya rute domestik jarak dekat di antaranya menuju Yogyakarta dan Surabaya, sebagian di antaranya memilih menggunakan jalur darat melalui Terminal Ubung Denpasar.

Pihak Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai menyediakan dua bus berukuran besar untuk mengakomodir transportasi dari bandara menuju Terminal Ubung.

Sementara itu hingga saat ini terdapat 25 pesawat dari maskapai dalam negeri maupun luar negeri yang terparkir di bandara setempat.

Terkait dengan hal itu, pihak regulator telah menggratiskan biaya parkir karena musibah alam tersebut. (DWA)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015