Yilan, Taiwan (Antara Bali) - Dua hotel di Yilan County menyajikan makanan, minuman dan kamar berbasis syariah seiring dengan banyaknya tamu dari kalangan muslim yang mengunjungi salah satu objek wisata di wilayah Taiwan timur itu.

"Sudah empat tahun kami memberikan pelayanan khusus kepada tamu kami yang beragama Islam," kata Chang Ping selaku Information Technology Shangrila Boutique Hotel di Yilan, Jumat.

Selain Shangrila Boutique Hotel, pelayanan yang sama juga terdapat di Shangrila Leisure Farm. Di setiap kamar kedua hotel tersebut terpasang petunjuk arah kiblat, lengkap dengan perangkat alat shalat.

Petunjuk arah kiblat terbuat dari kayu bertuliskan Arab itu terdapat pada bagian atap dan laci meja berikut jadwal waktu shalat. "Pelayanan khusus ini bukan saja kami berikan pada saat bulan puasa, tetapi sudah sejak empat tahun yang lalu," kata Ping.

Selain pelayanan di kamar, tamu muslim di kedua hotel tersebut juga dapat menikmati makanan dan minuman halal yang sudah mendapat sertifikat dari Asosiasi China Muslim (CMA) Taiwan.

"Wadah makanan pun kami sediakan secara khusus dan berbeda dengan yang lain. Demikian juga dengan ruangan, kami bedakan untuk menjaga kehalalannya," ujarnya.

Ping menjelaskan bahwa pelayanan khusus yang disajikan itu didasari makin banyaknya umat Islam yang berwisata ke Taiwan, khususnya Yilan yang memiliki objek wisata pergunungan dan pantai Samudera Pasifik.

"Di Taiwan pelayanan seperti ini memang tidak populer. Tapi kami sudah melakukannya sejak empat tahun yang lalu karena ternyata banyak tamu kami yang menyukainya, baik yang beragama Islam atau bukan," ujarnya.

Menurut dia, pelayanan yang terbilang unik itu mampu mendongkrak jumlah tamu. "Tamu kami tidak hanya wisatawan asal Taiwan dan China, melainkan juga banyak yang dari Arab, Indonesia dan Malaysia," ujarnya.

Shangrila Bouitque Hotel dibangun sejak 10 tahun yang lalu di No 15, Gongyuan Second Road, Wuchien Township, sedangkan Shangrila Leisure Farm di No 168 Meishan Road, Dah Jin, Dong Shan. Keduanya berada di Yilan County atau sekitar 50 menit perjalanan darat dari Ibu Kota Taiwan di Taipei. (WDY)

Pewarta: Pewarta: M. Irfan Ilmie

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015