Denpasar (Antara Bali) - Objek Wisata Air Panas Banjar di Kabupaten Buleleng, Bali memiliki tiga kolam utama yang menampung air panas belerang dalam jumlah besar yang berasal dari pegunungan sebelah timur objek wisata itu.

"Ketiga jenis kolam ditata sedemikian rupa membuat pengunjung tertarik untuk berenang maupun sekedar berendam," kata Kepala Pengelola Objek Air Panas Banjar, Ida Bagus Kade Satwika, Rabu.

Ia mengatakan, untuk kolam pertama memiliki delapan buah air mancur yang keluar dari mulut patung naga. Kolam pertama mempunyai lebar sekitar 1,5 meter, panjang sekitar 12 meter. "Kolam pertama terletak paling atas dengan kedalaman kurang dari satu meter. Para pengunjung menggunakan kolam ini untuk mengajak anak-anak mereka berendam," kata dia.

Sedangkan, kolam kedua merupakan kolam yang paling luas di antara ketiganya. Dengan lebar sekitar 10 meter, panjang 12 meter dan kedalaman satu sampai 2,5 meter. "Kolam ketiga terletak di tengah-tengah antara kolam pertama dan ketiga, para pengunjung kebanyan remaja menyenangi kolam ini karena leluasa untuk berenang," ujarnya.

Untuk kolam ketiga, dikatakan Satwika, memiliki tiga pancuran patung naga dengan ketinggian sekitar empat meter. Para pengunjung memanfaatkannya sambil menikmati pijatan air yang jatuh dari pancuran naga yang tepat berada di bagian tengah kolam. "Kolam ketiga terletak di sebelah utara objek wisata ini. Para pengunjung lansia sangat menyenangi kolam yang memiliki pancuran paling panjang diantara yang lainnya," kata dia.

Para pengunjung yang ingin menikmati eksotika objek wisata Air Panas Banjar cukup membayar seharga Rp5.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak, untuk tiket parkir motor seharga Rp1.000 dan mobil Rp3.000. "Objek Wisata Air Panas Banjar buka setiap hari, mulai pukul 08.00-18.00 Wita dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau bagi semua kalangan," kata dia. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015