Jakarta (Antara Bali) - Para pendukung Joko Widodo pada Pilpres lalu dalam Komunitas Juang Relawan Jokowi menyampaikan lima maklumat kepada Presiden dan Wakil Presiden di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur, Sabtu siang, yang juga dihadiri Presiden Jokowi.

"Kami mengamati dengan penuh antusiasme terhadap seluruh kebijakan yang diambil utamanya dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar dari rakyat, tetapi kami menangkap kesan belum terkonsolidasinya pemerintahan secara efektif dan kecenderungan situasi perekonomian yang belum memenuhi harapan," kata mereka dalam pengantar maklumat yang dirumuskan 15 anggota Komunitas Relawan Jokowi.

Maklumat pertama adalah perlu konsolidasi politik dan konsolidasi birokrasi sesegera mungkin agar pemerintahan berjalan lebih efektif.

Maklumat kedua, perlu evaluasi kebijakan-kebijakan yang tidak mendukung implementasi Tri Sakti dan Nawacita yang dimandatkan kepada pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Ketiga, mereka mendesak evaluasi dan penguatan kabinet agar bekerja efektif dan sejalan dengan semangat Tri Sakti dan Nawacita. "Kami berharap agar evaluasi terhadap kebinet memperhatikan dengan sungguh-sungguh dinamika sosial dan politik yang berkembang saat ini dan kebutuhan untuk melakukan akselerasi terhadap kinerja pemerintahan di masa depan," tegas mereka.

Maklumat keempat, perlu memastikan pembangunan ekonomi dan percepatan proyek-proyek infrastruktur dilakukan dalam semangat berdiri di atas kaki sendiri di mana modal asing diletakkan sebagai pelengkap terhadap kekuatan modal nasional, bukan sebagai sumber utama.

Terakhir, perlu sesegera mungkin melahirkan kebijakan dan program yang mendorong produktivitas rakyat sebagai peyangga ketahanan ekonomi dan sarana mencapai kesejahteraan rakyat. "Oleh karena itu distribusi atau pemerataan terhadap sumber dan alat produksi bagi rakyat adalah keharusan yang tidak dapat ditawar. Realisasi tanah untuk rakyat, alat pertanian untuk tani dan alat tangkap untuk nelayan serta modal usaha untuk usaha mikro sudah sangat mendesak agar pembangunan infrastruktur memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi rakyat," bunyi maklumat tersebut.(WDY)

Pewarta: Oleh Panca Hari Prabowo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015