Denpasar (Antara Bali) - Panitia Kongres IV Partai Amanat Nasional (PAN) menyelenggarakan bakti sosial penanaman pohon penghijauan dan bakau di sekitar kawasan Pura Tirta Harum, Kelurahan Serangan, Kota Denpasar, Bali.

"Bakti sosial dengan melakukan penanaman pohon penghijauan dan pohon bakau ditanam di kawasan Pura Tirtha Harum tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan," kata Ketua DPW PAN Bali Nyoman Gede Suweta di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan tersebut menanam sekitar 750 pohon, antara lain pohon sawo kecik, angsana, cendana, dan bakau. Menanam tersebut melibatkan pengurus dan kader partai serta masyarakat di Denpasar. Menurut mantan Wakapolda Bali itu, penanaman pohon tersebut sebagai upaya menyelamatkan siklus kehidupan dari ancaman semakin banyaknya penebangan pohon oleh masyarakat itu sendiri.

"Kami berharap langkah yang dilakukan dalam upaya mengajak warga peduli dengan lingkungan hidup. Masing-masing individu diajak menanam sedikitnya satu pohon penghijauan, dengan makna satu pohon ditebang akan ada penggantinya satu pohon juga," ujar politikus asal Kabupaten Buleleng ini.

"Pada hari ini selain melakukan penanaman pohon, kami menyerahkan dana tali kasih yang dititipkan Oleh Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, kepada sembilan perwakilan dari lintas agama," katanya. Sembilan perwakilan itu, kata Suweta, yaitu empat dari umat Hindu, tiga dari Islam dan dua dari Nasrani.

"Untuk perwakilan Hindu dana tersebut diserahkan kepada pengempon pura, begitu juga dari Muslim untuk dana perbaikan masjid dan Nasrani untuk perbaikan gereja. Salah satu pura yang mendapatkan tali kasih itu adalah Pura Tirtha Harum," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015