Pandeglang (Antara Bali) - Presiden Joko Widodo menyatakan pihaknya akan membangun jalan tol Serang-Panimbang sepanjang 80 kilometer untuk memudahkan akses Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung.

"Yang paling saya senangi Tanjung Lesung adalah KEK pariwisata. Saya tanya apa yang dibutuhkan, katanya jalan tol. Di mobil saya langsung telepon Menteri PU (Pekerjaan Umum), saya minta tahun ini jalan tol harus bangun," kata Joko Widodo saat pidato peresmian KEK Pariwisata Tanjung Lesung di Kecamatan Panimbang, Pandeglang, Banten, Senin.

Namun Presiden meminta komitmen pihak pengelola KEK Pariwisata Tanjung Lesung, PT Jababeka membangun kawasan yang sudah dicanang 24 tahun, yakni sejak 1991 segera bisa diwujudkan.

"Proyek KEK ini sudah ditetapkan sejak 24 tahun yang lalu dan sudah ada Keppresnya tiga tahun yang lalu, tapi dibiarkan," katanya.

Joko Widodo mengatakan jika ada kesanggupan semua pihak maka proyek ini akan diteruskan. Presiden memperkirakan pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan ke kawasan pariwisata yang diperkirakan terbesar di Asia Tenggara ini akan mencapai angka Rp5 triliun.

KEK Pariwisata Tanjung Lesung dibangun di Kawasan Wisata Pantai ini menjadi Desain Induk Pariwisata Kota Air Tahun 2020 seperti di Venesia, Italia. Kawasan itu memiliki "culture heritage" karena lokasinya dekat dengan kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Gunung Anak Krakatau dan Pulau Umang.(WDY)

Pewarta: Oleh Joko Susilo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015